You are currently viewing Ini Agenda Jokowi Pada Hari Pertama KTT G20 di Roma

Ini Agenda Jokowi Pada Hari Pertama KTT G20 di Roma

Jakarta – Agenda padat menanti Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Roma, Italia pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, Jokowi antara lain akan menghadiri sesi mengenai ekonomi dan kesehatan global. 

“Presiden Republik Indonesia sudah akan melakukan kegiatan yang sangat padat, yaitu antara lain menghadiri sesi mengenai global economy and global health,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menyampaikan keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, pada Jumat, 29 Oktober 2021, sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Selain itu, Jokowi akan menghadiri side event mengenai dukungan usaha kecil dan menengah dan bisnis milik perempuan dan secara khusus diminta untuk menjadi pembicara.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan keberpihakan pemerintah Indonesia kepada UMKM dan peran perempuan dalam bisnis UMKM.

“Kemudian Bapak Presiden juga akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam tuan rumahnya Perdana Menteri Italia,” ujar Retno.

Selain menghadiri KTT G20, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral paling tidak dengan enam pemimpin.

Pertemuan itu antara lain dengan Australia, Perancis, India, Turki, Italia, dan Bank Dunia.

Ia menjelaskan agenda bilateral masih sangat dinamis dan bisa berubah menyesuaikan jadwal para pemimpin.

“Kemungkinan masih akan terjadi beberapa perubahan di pertemuan bilateral karena masih ada beberapa permintaan dan kita sekarang sedang terus mencoba untuk mencocokkan jadwal, baik jadwal Bapak Presiden maupun jadwal pemimpin lainnya,” tuturnya.

Source : tempo

Share

Tinggalkan Balasan