You are currently viewing KIP Aceh Singkil Gelar Simulasi Kondisi Nyata Proses Pemungutan Suara
Simulasi pemungutan suara di TPS

KIP Aceh Singkil Gelar Simulasi Kondisi Nyata Proses Pemungutan Suara

ACEH SINGKIL – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Singkil melakukan simulasi proses perhitungan atau pemungutan suara di tps yang disesuaikan dengan kenyataan di lapangan saat Pemilu nanti.

“Begini gambaran yang terjadi saat hari H nanti,” kata Ketua KIP Aceh Singkil, M Nasir di Lapangan Meriam Sipoli Rimo Kecamatan Gunung Meriah, Rabu 31 Januari 2024.

Kata Nasir, proses simulasi yang dilaksanakan tersebut mulai dari pendistribusian pemberitahuan formulir C pemilih sampai hadir di tps.

Tak hanya itu, proses simulasi juga menunjukkan cara ketika menghadapi kondisi seperti terhadap pemilih disabilitas, ibu hamil atau mereka yang masuk dalam kategori pemilih khusus.

“Simulasi ini untuk mengukur waktu bagaimana cara pemungutan dan penghitungan suara,” ujarnya.

Tps kata dia, akan dibuka sejak jam 7 pagi hingga jam 1 siang, setelah itu akan dilakukan penghitungan suara.

Dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini melibatkan unsur masyarakat dalam satu PPS dari Desa Blok VI Baru.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Azmi berharap dengan simulasi ini dapat memantapkan penyelenggara pemilu tentang tata cara proses pemungutan suara saat di tps.

“Tujuannya simulasi ini mewujudkan efektifitas pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhir yang terukur profesional dan penyelenggara dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan SOP,” ujarnya.

Sehingga kata dia, ketika proses ini dilaksanakan dengan baik, maka akan hadir tata kelola masyarakat yang baik.

Azmi mengajak masyarakat agar memanfaatkan suaranya, jangan sampai ada yang golput, salurkan aspirasinya sehingga pemilu 14 Februari nanti berjalan dengan baik.

Share

Tinggalkan Balasan