You are currently viewing Sambut Idul Fitri, Warga Antusias Belanja di Pasar Murah Disperindagkop Aceh Singkil

Sambut Idul Fitri, Warga Antusias Belanja di Pasar Murah Disperindagkop Aceh Singkil

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Pasar murah menjelang hari raya idul fitri di gelar oleh Disperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Singkil di sejumlah titik.

Kepala Disperindagkop Aceh Singkil, Faisal mengatakan, pasar murah ini digelar untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pangan dalam menyambut hari raya idul fitri dengan cara memberikan subsidi pada sejumlah sembako.

“Pasar murah ini digelar untuk menstabilkan harga-harga kebutuhan pangan yang biasa naik menjelang hari raya idul fitri,” kata Faisal saat ditemui dilokasi pasar murah di Komplek Masjid Baitus Salihin Desa Pulo Sarok Kecamatan Singkil, Rabu 13 April 2022.

Pelaksanaan operasi pasar murah ini waktunya terbatas, sehingga warga berbondong-bondong mengantre untuk mendapatkan kupon subsidi sembako.

Setiap warga hanya dibatasi untuk membeli beras satu karung, minyak goreng empat liter, gula pasir dua kilogram, telur ayam satu papan. 

Adapun kebutuhan pokok yang disubsidi diantaranya beras, minyak goreng, gula pasir dan telur ayam. Masing-masing komoditi diberi harga subsidi sebesar Rp3.000,-.

Beras 15 kilogram dijual seharga Rp135 ribu per sak, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan dua liter merk salvaco Rp40 ribu dan telur ayam Rp35 ribu per papan.

Pasar murah berlangsung di enam titik kecamatan, dimulai pada hari ini berlokasi di komplek Masjid Baitus Salihin Desa Pulo Sarok Kecamatan Singkil. Kemudian di Desa Sukarejo Kecamatan Simpang Kanan pada tanggal 15 April.

Selanjutnya di Lapangan Mariam Sipoli Rimo Kecamatan Gunung Meriah tanggal 18 April, di Desa Sukajaya Kecamatan Kuala Baru tanggal 20 April, di Desa Pulau Balai Kecamatan Pulau Banyak tanggal 22 April, dan terakhir di Desa Haloban Kecamatan Pulau Banyak Barat tanggal 23 April.

Kabid Perdagangan, Ali Hasmi menambahkan, jika setiap titik mendapat alokasi sembako masing-masing; beras 2,5 ton, gula pasir 1,5 ton, minyak goreng 1800 liter dan telor ayam 200 papan.

Saat disinggung, kenapa tidak semua kecamatan dapat terjangkau. Ali menuturkan jika terdapat keterbatasan anggaran. Untuk kegiatan di enam titik kecamatan ini, kata dia Pemkab memplotkan Rp180 juta.

Sementara masih ada lima kecamatan lain yang belum terjangkau. Untuk itu pihaknya berharap agar tahun depan Pemkab dapat menambah anggaran sehingga dapat menjangkau semua kecamatan.

Berdasarkan pantauan dilokasi pasar murah di Komplek Masjid Baitus Salihin Desa Pulo Sarok, warga cukup antusias dan terlihat antre untuk mendapatkan kupon sembako.

“Alhamdulillah cukup terbantu dengan adanya pasar murah ini karena dapat selisih harga Rp.3000,- dibandingkan jika belibdi warung,” kata Ahmad salah seorang warga. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan