You are currently viewing Bantuan Oksigen dari India Sudah Tiba di Indonesia
Sebuah tangki berisi oksigen medis cair diturunkan dari Kapal Angkatan Laut India (INS) Airawat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu, 24 Juli 2021. India baru saja melewati lonjakan kasus corona pada bulan Mei lalu. ANTARA/Aditya Pradana Putra

Bantuan Oksigen dari India Sudah Tiba di Indonesia

Jakarta – Bantuan oksigen dari pemerintah India untuk penanganan Covid-19 di Indonesia telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu pekan lalu. India memberikan 300 unit oxygen concentrator dan 100 MT (metrik ton) Liquid Medical Oxygen (LMO).

Seluruh bantuan oksigen ini telah diserahterimakan oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti, kepada Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Pusat Krisis, Eka Jusup Singka.

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri, pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah India atas bantuan yang diberikan karena akan sangat berguna dalam penanganan Covid-19.

Dalam sambutannya, Manoj Kumar Bharti menyampaikan komitmen dan harapan India untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dalam penanganan pandemi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Konsentrator dan oksigen medis yang diterima langsung disalurkan melalui Kementerian Kesehatan kepada berbagai pihak yang membutuhkan.

Sebelumnya Indonesia pernah mengirimkan bantuan serupa kepada India, saat negara itu mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang luar biasa pada Mei lalu.

India merupakan negara mitra komprehensif strategis bagi Indonesia di kawasan, dan kedua negara terus mengembangkan kerja sama di berbagai bidang, baik melalui forum bilateral, regional, maupun multilateral. 

Sumber : tempo.co

Share

Tinggalkan Balasan