You are currently viewing Ratusan Anak DKI Kena Corona, Anies: Kemungkinan Varian Baru
Anies Baswedan (Tiara/detikcom)

Ratusan Anak DKI Kena Corona, Anies: Kemungkinan Varian Baru

Jakarta – Ratusan anak di DKI Jakarta terpapar virus Corona (COVID-19). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduga hal itu merupakan dampak varian baru virus Corona.

Anies mulanya bicara soal Jakarta mencetak penambahan kasus COVID-19 per 20 Juni mencapai 5.582. Dari ribuan warga DKI yang terpapar COVID-19, 16 persen di antaranya anak-anak.

“Tapi yang mengkhawatirkan, ini perlu perhatian khusus bahwa Minggu lalu kita alami kasus harian tertinggi, yaitu 5.582 kasus baru. Dari angka itu, 665 anak usia 5-18 tahun dan 224 adalah kasus anak di bawah 5 tahun, balita. Jadi 16 persen dari kenaikan kasus adalah anak-anak,” kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (22/6/2021).

Anies memandang situasi wabah COVID-19 saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena ada varian baru. Menurutnya, jenis virus ini lebih cepat menular terhadap anak-anak

“Artinya, kita menghadapi situasi wabah yang berbeda dengan awal tahun kemarin. Besar kemungkinan adalah varian baru yang dengan mudah menular, termasuk kepada anak-anak,” jelasnya.

Eks Mendikbud itu mewanti-wanti orang tua tak membiarkan anaknya bermain di luar rumah. Dia meminta peran serta orang tua dalam menjamin kesehatan dan keselamatan anak masing-masing.

“Saya berharap kepada keluarga di Jakarta lebih berhati-hati. Usahakan di rumah saja. Anak-anak biarkan bermain di rumah saja demi keselamatan semuanya. Karena penanganan untuk anak-anak tentu membutuhkan pendampingan orang dewasa sehingga muncul kompleksitas yang tidak sederhana,” ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengungkapkan banyak anak di Jakarta terpapar Corona (COVID-19). Total, ada 224 balita usia 0-5 tahun positif Corona.

Adapun rincian tren kasus positif dalam data kasus Corona Minggu (21/6) sebagai berikut:

– Anak usia 6-18 tahun 655 kasus positif Corona
– Anak usia 0-5 tahun 224 kasus positif Corona
– Usia 19-59 tahun ada 4.261 kasus positif Corona
– Usia 60 tahun ke atas 442 kasus positif Corona

“Untuk itu, kami mengingatkan warga untuk menghindari ke luar rumah membawa anak-anak,” kata Dwi dalam siaran pers, seperti dilihat pada Senin (21/6/).

Sumber : detik

Share

Tinggalkan Balasan