You are currently viewing Penjabat Bupati Apresiasi Inovasi Layanan Jemput Zakat Baitul Mal Aceh Singkil

Penjabat Bupati Apresiasi Inovasi Layanan Jemput Zakat Baitul Mal Aceh Singkil

  • Post author:
  • Post category:Daerah
  • Post comments:0 Comments

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Inovasi layanan “Jemput Zakat” dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil mendapat apresiasi dari Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis S.T, D.E.A.

Marthunis mengatakan inovasi layanan “Jemput Zakat” dari Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil merupakan inovasi yang baik dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat.

“Inovasi layanan Jemput Zakat dari Baitul Mal ini baik,” kata Marthunis melalui pesan Whatsap, Sabtu 26 November 2022.

Menurutnya dalam syariat islam, sebenarnya pemerintah harus menjemput atau mengambil zakat itu kepada para Muzakki.

Dengan inovasi layanan “Jemput Zakat”, Marthunis berharap dapat memudahkan Muzakki untuk menunaikan kewajibannya dan sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Zakat di Kabupaten Aceh Singkil.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil, Azma Syahputri, mengatakan ada dua inovasi yang ditawarkan dalam program “Jemput Zakat”.

Pertama, dengan cara petugas menjemput langsung zakat kepada Muzakki yang hendak berzakat.

“Nanti terdapat nomor rekening dan nomor handphone yang dimana saja orang dapat mengakses. Muzakki tinggal telepon, nanti ada petugas yang menjemput,” kata Azma Syahputri saat ditemui seusai sosialisasi internal “Jemput Zakat” di kantor Baitul Mal Kabupaten Aceh Singkil, Rabu kemarin.

Kedua, zakat online yakni dengan penambahan fitur Ziswaf pada mobile banking Bank Aceh Syariah yang diperuntukkan khusus untuk masyarakat Aceh Singkil.

“Meski masih dalam perencanaan, akan tetapi sudah dalam proses pengerjaan dan sudah direkomendasikan oleh Penjabat Bupati. Mudah-mudahan akhir tahun selesai dan diawal tahun 2023 sudah dapat dilounching” katanya.

Azma menyebut pengumpulan zakat dan infaq di Kabupaten Aceh Singkil dirasa masih belum optimal. Pertahunnya diperkirakan bisa mencapai Rp 7 miliar, bahkan lebih. Namun saat ini perolehanya hanya bekisar Rp 4 miliar. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan