You are currently viewing Monitoring Vaksinasi PMK di Sidorejo, Marthunis: Karantina Sapi Bisa Direplikasi di Desa Lain

Monitoring Vaksinasi PMK di Sidorejo, Marthunis: Karantina Sapi Bisa Direplikasi di Desa Lain

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Berbagai cara dilakukan demi mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku atau PMK pada ternak.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyediakan tempat karantina ternak seperti yang ada di Desa Sidorejo Kecamatan Gunung Meriah.

Peternak menyediakan kandang karantina, sebelum sapi-sapi yang dibeli dari luar daerah dilepas baurkan dengan sapi yang lain.

“Kami merasa ini salah satu contoh baik yang bisa direplikasi di desa lain,” kata Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis saat monitoring vaksinasi PMK di Desa Sidorejo, Jumat 5 Agustus 2022.

Desa Sidorejo menjadi salah satu tempat lalu lintas perdagangan hewan ternak terutama sapi.

“Kami berharap Kepala Desa, Andi Junaidi untuk terus mensosialisasikan kepada penduduk desa agar dapat mengkarantinakan ternak yang masuk ke desa,”

Ditarget pada hari ini 200 dosis vaksin PMK dapat disuntikkan kepada hewan ternak yang ada di Kecamatan Gunung Meriah.

“Mudah-mudahan bisa selesai, dan kita juga akan meminta ke provinsi untuk dosis yang lain sehingga seluruh populasi ternak yang ada bisa divaksinasi, sehingga Aceh Singkil menjadi zona hijau bebas PMK,” demikian kata Marthunis.

Sementara di pintu masuk perbatasan, Suro dan Danau Paris telah tersedia pos skat peternakan guna meminimalisir kontaminasi PMK dari luar daerah. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan