You are currently viewing RI Negara Paling Dermawan di Dunia Lewat Zakat
BI menempati peringkat pertama negara paling dermawan di dunia pada 2020 lalu karena nilai zakat meningkat di tengah pandemi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

RI Negara Paling Dermawan di Dunia Lewat Zakat

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengungkap bahwa Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara paling dermawan di dunia pada 2020 lalu. Status paling dermawan diraih lantaran nilai zakat dari masyarakat meningkat selama pandemi covid-19.

“Berdasarkan World Giving Index 2020, Indonesia merupakan negara paling dermawan di dunia. Perolehan tersebut disebabkan peran zakat yang meningkat selama pandemi,” ungkap Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di rangkaian acara iSEF 2021, Kamis (28/10).

Menurut Dody, hal ini terjadi karena tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap manfaat zakat terus berkembang. 

Hal ini juga tak lepas dari pemahaman ekonomi dan keuangan syariah yang kini bukan sekadar ajaran, tapi telah diadopsi masyarakat sebagai gaya hidup.

Kendati begitu, ia menilai adopsi ekonomi dan keuangan syariah sebagai gaya hidup masih bisa ditingkatkan lebih luas lagi. Bahkan, masuk ke sektor riil, misalnya pada pengembangan industri produk halal.

Misalnya, agar masyarakat lebih memprioritaskan penggunaan makanan dan minuman halal, produk fesyen, wisata muslim, hingga produk jasa keuangan syariah. “Ini akan lebih menciptakan pola hidup syariah di masyarakat,” imbuhnya.

Bahkan, perluasan adopsi gaya hidup ini diharapkan bisa membuat Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim bisa menjadi pusat industri halal ekonomi dan keuangan syariah di dunia. 

Hal ini serupa dengan visi yang juga dibidik oleh negara tetangga, Malaysia.

Namun, untuk mencapai tujuan itu, seluruh pemangku kebijakan di Indonesia perlu berperan aktif dalam aksi literasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Maka kampanye edukasi perlu dilakukan untuk meningkatkan literasi masyarakat,” tandasnya.

Source : CNN

Share

Tinggalkan Balasan