You are currently viewing Kemenkes Imbau Warga Tak Khawatir Ragam Vaksin: Semuanya Terjamin
Tangkapan layar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi. (Antara/Andi Firdaus)

Kemenkes Imbau Warga Tak Khawatir Ragam Vaksin: Semuanya Terjamin

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menegaskan vaksin Covid-19 terbaik adalah yang ada tersedia saat ini di Indonesia.

“Masyarakat tetap diimbau agar apapun jenis vaksinnya, ingat tidak usah khawatir karena pasti sudah dijamin keamanannya, mutu dan kualitasnya serta efektivitasnya,” kata Siti Nadia Tarmizi dalam agenda konferensi pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM telah menerbitkan emergency use authorization (EUA) terhadap tujuh jenis vaksin Covid-19 di Indonesia sejak Januari 2021 hingga saat ini.

Jenis vaksin yang sudah mendapat EUA dari BPOM yakni Sinovac, vaksin Covid-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Sputnik V. Setiap jenis vaksin memiliki karakter masing-masing, misalnya jumlah dosis dan interval penyuntikan.

Meski dalam proses pembuatan vaksin memiliki perbedaan platform seperti inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein. Akan tetapi, kata Nadia, semuanya sudah dipastikan keamanan dan efektivitasnya dalam melindungi penerima manfaat dari kondisi kesakitan bahkan kematian akibat Covid-19.

Nadia mengatakan sejak Agustus 2021, laju suntikan di Indonesia meningkat hingga 1 juta per hari, bahkan pernah mencapai angka 1,7 juta dosis penyuntikan per hari.

“Akan kita teruskan untuk meningkatkan laju vaksinasi pada bulan September sejalan dengan bertambahnya jumlah vaksin yang akan kita distribusikan rata-rata delapan sampai 15 juta dosis ke daerah,” ujarnya.

Sampai saat ini, kata Nadia, total 144 juta dosis vaksin telah didistribusikan kepada pemerintah daerah.

Sumber : suara.com

Share

Tinggalkan Balasan