You are currently viewing YARA Surati PPID Terkait Dokumen Pengadaan Alat TIK Disdikbud Aceh Singkil

YARA Surati PPID Terkait Dokumen Pengadaan Alat TIK Disdikbud Aceh Singkil

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengajukan permohonan dokumen realisasi anggaran pengadaan peralatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil.

Permohonan dengan nomor: 041C/YARA/XI/2022 tertanggal 30 November 2022 itu di ajukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Aceh Singkil.

“Kami mengajukan permohonan informasi publik yaitu mengenai pengadaan peralatan TIK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil tahun anggaran 2021 melalui e-mail PPID setempat,” kata Kaya Alim, Ketua YARA Perwakilan Aceh Singkil dalam keterangannya, Rabu 30 November 2022.

Permohonan dokumen berkaitan dengan adanya isu mengenai pengadaan TIK tahun anggaran 2021 yang sempat heboh ditengah-tengah masyarakat. Dimana dalam pengadaannya menelan dana yang cukup fantastis, mencapai Rp 13 miliar.

Alim mengungkapkan, nantinya setelah dokumen itu diterima, maka terlebih dahulu akan pelajari, apakah terdapat potensi adanya indikasi mark up atau tidak.

“Jika nantinya terdapat indikasi, tentu akan jadi catatan kami untuk membuat laporan kepada pihak Aparat Penegak Hukum,” ungkapnya.

Menurutnya permintaan informasi ini merupakan wujud hak sebagai warga negara untuk memperoleh informasi dari badan publik yang tercantum dalam UU No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP).

Yakni, Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 61 tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 14 Tahun 2008.

YARA berharap, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Aceh Singkil untuk dapat merespon dan memberikan dokumen sesuai dengan permohonan yang diajukan. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan