You are currently viewing Pria Kulit Hitam Ini Dinyatakan Tak Bersalah Setelah Dihukum Penjara 43 Tahun
Ilustrasi penjara. Sumber: asiaone.com/the new paper ilustration

Pria Kulit Hitam Ini Dinyatakan Tak Bersalah Setelah Dihukum Penjara 43 Tahun

Jakarta – Seorang pria kulit hitam asal Missouri, Amerika Serikat mendekam di penjara selama 43 tahun untuk kejahatan yang tak pernah dilakukan. Pria bernama Kevin Strickland itu pun kini dibebaskan.

Hakim Senior James Welsh memutuskan untuk membebaskan Strickland, 62 tahun yang sedang menjalani hukuman di Pusat Pemasyarakatan Missouri Barat di Cameron, Missouri. Ia dihukum karena tuduhan pembunuhan. Strickland semula dihukum seumur hidup selama 50 tahun, tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat untuk kejahatan yang dia tak lakukan.

Pria yang kini berada di kursi roda, berbicara tak lama setelah dia dibebaskan dari penjara Selasa sore. Dia mengatakan berterima kasih kepada pengacara dan semua orang yang mendengarkannya. Selama bertahun-tahun dia menyatakan tak bersalah.

Semua tuduhan kriminal terhadap Strickland pun dibatalkan. Meski dibebaskan, hukuman penjara 43 tahun adalah yang terlama untuk seorang yang tidak bersalah. “Saya masih tidak percaya,” kata Strickland. “Tidak menyangka hari ini akan datang.”

Strickland bersaksi selama sidang pembuktian tiga hari di awal bulan ini. Tim kuasa hukum Strickland memberikan bukti dan argumen untuk membebaskannya.

Kasus yang menyeret Strickland terjadi pada 25 April 1978. Empat orang ditembak di Kansas City, Missouri, hingga menyebabkan tiga orang mati. Satu-satunya yang selamat dari kejahatan tersebut, Cynthia Douglas, yang meninggal pada tahun 2015.

Douglas bersaksi pada tahun 1978 bahwa Strickland berada di lokasi pembunuhan. Douglas selamat dari penembakan setelah mengalami cedera. Ia mengatakan kepada polisi bahwa Vincent Bell dan Kiln Adkins adalah dua pelakunya.

Sehari setelah penembakan, Douglas mengaku rambut Strickland sesuai dengan deskripsi si penembak. Douglas mengklaim ia semula tak bisa mengenali Strickland karena di bawah pengaruh ganja dan minuman keras.

Namun selama 30 tahun terakhir Douglas mengatakan salah mengidentifikasi Strickland. Menurut KSHB, Douglas melakukan upaya membebaskan Strickland melalui Midwest Innocence Project.

Saat dihukum penjara, Strickland baru berusia 19 tahun. Usai bebas, Kevin Strickland menyatakan hal pertama yang akan dilakukan adalah mengunjungi makam ibunya.

Source : tempo

Share

Tinggalkan Balasan