Dosen STAIN Meulaboh Lakukan Penelitian Sejarah Aceh Singkil

Dosen STAIN Meulaboh Lakukan Penelitian Sejarah Aceh Singkil

Singkil (XTRAFMSINGKIL) – Dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr Muhajir Al-Fairusy mengunjungi Kabupaten Aceh Singkil, Rabu 9 Juni 2021.

Di Kabupaten Aceh Singkil, Dr Muhajir menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan beberapa tokoh sejarah setempat di Kantor MPU Aceh Singkil.

Kegiatan FGD dihadiri Ketua MPU Aceh Singkil Adlimsyah, Wakil Ketua MPU Hasby Assidiqie, Ketua MAA Zakirun Pohan, Sekertaris MPU serta penilis buku sejarah Aceh Singkil, Sadri Ondang Jaya.

Dalam presentasinya, Dr Muhajir yang melakukan riset dengan mengangkat tema Penyelesaian pelanggaran syariat Islam perspektif ulama Dayah dan kerifan lokal wilayah Barat Selatan Aceh.

Kemudian di lanjutkan paparan sekaligus tanggapan dari ketua MPU Aceh Singkil Adlimsyah, menyampaikan sejarah Singkil yang sangat dikenal dengan 2 ulama besar yaitu Syekh Abdurrauf Assingkili dan Syekh Hamzah fansuri yang mempunyai banyak murid tersohor salah satunya di sumatera barat yaitu Syekh Burhanuddin Ulakan di Pariaman.

Tanggapan juga di berikan oleh ketua MAA Aceh Singkil Zakirun Pohan yang menyinggung soal penyelesaian pelanggaran syariat dengan peradilan adat di kampung yang ada di Aceh Singkil.

Menurut Ustad Zakirun di Singkil dari dulu sudah memiliki kearifan lokal untuk menyelesaikan apabila ada persoalan baik pidana maupun pelanggaran syariat.

Ketua MAA Aceh Singkil itu, menyebutkan di Aceh Singkil ini memiliki banyak kearifan lokal yang dari dulu sudah di jalankan oleh para pendahulu, dan sampai saat ini pun masih tetap dilaksanakan, bagi setiap kampung sesuai dengan adat istiadat di wilayahnya.

Diskusi yang singkat itu semua peserta yang hadir di berikan kesempatan untuk memberikan tanggapan nya terkait materi yang di berikan oleh peneliti dan hasilnya nanti akan di tulis dan menjadi karya tulis ilmiah.(HAb)

Share

Tinggalkan Balasan