You are currently viewing Simsalabim, Mutasi Kadis di Aceh Singkil

Simsalabim, Mutasi Kadis di Aceh Singkil

Banda Aceh, Xtrafmsingkil.com – Simsalabim, aneh bin ajaib mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil, sebut salah seorang pengamat sosial, Dalil Pohan.

Dalil Pohan mengkritisi kinerja Pemkab Aceh Singkil yang melakukan mutasi di akhir masa jabatan Dulmusrid sebagai Bupati.

Di akhir jabatannya, tepatnya dua hari sebelum lengser dan pada saat usai dilantik Pj Bupati, Pemkab melakukan rotasi dan mutasi sederet pejabatnya, mulai eselon II (setingkat kepala dinas), eselon III, IV dan Kepala Sekolah.

“Sungguh sangat aneh bin ajaib, dimana jabatan tersebut sudah berpindah tangan kepada Pj., tapi masih bisa Bupati yang lama melakukan mutasi, luar biasa. Sudah seperti dalam sebuah film simsalabim,” kata Dalil Pohan dalam keterangannya di Banda Aceh, Kamis 28 Juli 2022.

Parahnya dalam mutasi, tersiar kabar lima dari delapan kepala dinas yang dimutasi belum mendapat persetujuan dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

Menurutnya, hal ini menunjukkan birokrasi yang amburadul, sehingga unik untuk disimak. Mutasi terkesan dipaksakan menurut kebutuhan pribadi dan golongan.

Seringkali Bupati melakukan mutasi tanpa mempedomani aturan-aturan yang berlaku, seperti PP 53 tahun 2010, PP 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS serta PP 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS.

Maka dari itu perlu ditinjau ulang, malah semestinya dibatalkan mutasi yang dilakukan oleh Bupati Dulmusrid pada tanggal 19 juli dan 21 juli 2022 penuh kejanggalan. Dan memberikan sanksi bagi pejabat yang menangani mutasi seperti Baperjakat dan BKPSDM sebagai leding sektornya.

“Jangan biarkan birokrasi hancur karena hanya segelintir manusia yang mempunyai kepentingan, karena setiap mutasi berimbas sangat besar bagi pejabat tersebut,” tegas Dalil Pohan, putra daerah Aceh Singkil.

Menurutnya hal ini merupakan momentum tegas bagi Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis untuk cuci gudang pejabat demi perbaikan birokrasi yang lebih baik. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan