You are currently viewing Sambut Jakarta E-Prix 2022, Panitia Senyelenggarakan Kompetisi Jurnalistik

Sambut Jakarta E-Prix 2022, Panitia Senyelenggarakan Kompetisi Jurnalistik

Jakarta, Xtrafmsingkil.com – Jelang penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022, panitia penyelenggara mengadakan kegiatan Kompetisi Jurnalistik “Formula E: Jakarta E-Prix, Ajang Balap Ramah Lingkungan untuk Dunia Berkelanjutan” sebagai bagian dari rangkaian pre-event menuju hari balapan. 

VP Government Relations & Communication OC Jakarta E-Prix 2022, Iman Sjafei mengatakan, bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan penyelenggaraan Formula E: Jakarta E-Prix pada 4 Juni 2022.

Iman juga mengungkapkan, kompetisi Jurnalistik ini bertujuan untuk menjaring masukan-masukan komunitas pers, serta untuk mendorong pemberitaan media berperspektif keberlanjutan dengan energi terbarukan dan ramah lingkungan.

“Penyelenggaraan Jakarta E-Prix ini merupakan bagian dari komitmen kita untuk mewujudkan konsep kehidupan yang berkelanjutan. Untuk itu, menjadi penting untuk kita terus mendorong pemberitaan positif mengenai masa depan yang berkelanjutan dan tren perubahan bagi kota Jakarta,” ujarnya.

Persyaratan kompetisi yang perlu diperhatikan para peserta, sambung Iman, adalah karya jurnalistik (berita dan foto) yang dilombakan telah dimuat di media masa cetak maupun online, belum pernah diikutkan pada kompetisi jurnalistik yang lain.

Selain itu, peserta juga harus melengkapi pernyataan bahwa benar karya tersebut merupakan hasil kerja wartawan yang mendaftarkan dan melengkapi surat pernyataan dari Pemimpin Redaksi atau Redaktur yang memperbolehkan karya jurnalistik tersebut untuk diikutsertakan dalam kompetisi. Terakhir, karya jurnalistik tersebut telah dikirimkan ke email panitia paling lambat 11 Mei 2022.

Kompetisi Jurnalistik dilakukan dalam tiga kategori: berita media cetak, berita media daring, dan foto  jurnalistik. Berita atau foto jurnalistik yang dapat didaftarkan dalam kompetisi ini adalah yang telah dimuat di media masa selama periode 1 April hingga 15 Mei 2022.

“Kami harap melalui kompetisi ini, semakin banyak berita baik yang bersifat memberikan edukasi maupun informasi baru bagi masyarakat untuk turut serta menjadi bagian dari perubahan serta menerapkan konsep hidup berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik lagi,” tambah Iman Sjafei.

Tema pemberitaan yang dipersyaratkan adalah dunia berkelanjutan, energi terbarukan, energi ramah lingkungan, kendaraan listrik dan Formula E (Jakarta E-Prix).

Proses penjurian akan dilakukan dengan kriteria penilaian: kesesuaian tema, kelengkapan berita, ketaatan terhadap Kode Etik Jurnalistik, bahasa jurnalistik, kedalaman pembahasan, teknik fotografi, estetika, serta sumbang saran atau kritik yang konstruktif.

Kompetisi Jurnalistik “Formula E: Jakarta E-Prix, Ajang Balap Ramah Lingkungan Untuk Dunia Berkelanjutan” berhadiah total Rp 240.000.000,- (Dua Ratus Empat Puluh Juta Rupiah) yang terdiri dari uang tunai serta paket perjalanan ke salah satu seri balapan Formula E di luar negeri.  

Informasi lebih lanjut tentang Kompetisi Jurnalistik “Formula E: Jakarta E-Prix, Ajang Balap Ramah Lingkungan untuk Dunia Berkelanjutan” dapat diakses melalui, Instagram: @jakartaeprixofficial. (Red)

Share

Tinggalkan Balasan