You are currently viewing Banjir Rob Rendam Jalan Ibukota Singkil

Banjir Rob Rendam Jalan Ibukota Singkil

ACEH SINGKIL – Banjir rob naik di kawasan Jalan Protokol Ibukota Kabupaten Aceh Singkil, Selasa, 28 Mei 2024.

Banjir pasang naik ke jalan dua jalur protokol sejak pagi sekira pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, tim pencegahan kebencanaan kabupaten Aceh Singkil langsung bergerak ke lokasi.

Tim BPBD bersama pihak terkait telah mendatangi rumah para warga terdampak dan melihat langsung keganasan ombak rob ketika merobek-robek dinding penahan tanah yang dibangun warga seadanya.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Singkil , Al-Husni di dampingi rekanan Dinas PUPR dan Kepala Kampong Pulo Sarok, di lokasi mengatakan, BPBD akan segera melakukan penanganan darurat dan akan berkoordinasi dengan Pimpinan.

Pantauan media, terjangan banjir rob paling berdampak langsung kerumah penduduk telah banyak membuat pohon bertumbangan dan menghancurkan lingkungan sekitar.

Banjir rob paling terasa berada di ujung Jetty bergaris lurus ke utara yaitu sehadapan dengan kantor BKPSDM Aceh Singkil yang terhenti pembangunan nya sejak satu dekade terakhir.

Sementara di sepanjang daratan yang telah terlindungi Jetty, kondisi abrasi dan rob relatif stabil dari arah SPBU hingga ke bekas gedung pengadilan Singkil .

Dari ujung Jetty hingga barat Kuala Gabi Singkil di garis pantai luluh lantak dihantam banjir rob dengan fenomena peningkatan terasa sejak 3 hari terakhir.

Walau pasang terdeteksi mulai melemah sejak pukul 12.00 WIB, namun kondisi ombak berarus tenggara tersebut masih saja berkecamuk.

Share

Tinggalkan Balasan