You are currently viewing Pemkab Aceh Singkil Subsidi Tiket Kapal Aceh Hebat 3 Rute Singkil-Pulau Banyak

Pemkab Aceh Singkil Subsidi Tiket Kapal Aceh Hebat 3 Rute Singkil-Pulau Banyak

  • Post author:
  • Post category:Daerah
  • Post comments:0 Comments

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil meluncurkan program subsidi untuk tarif tiket penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Aceh Hebat 3 lintasan Singkil-Pulau Banyak jelang Natal dan Tahun baru (Nataru).

Program subsidi juga merupakan upaya penanganan inflasi akibat terjadinya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) selama beberapa bulan ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Singkil, Ranto mengatakan, dasar pemberian subsidi tiket untuk KMP Aceh Hebat 3 ini dan bentuk bantuan yang diberikan.

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Aceh Singkil Nomor 188.45/285/2022 tentang Penetapan Tarif Subsidi Sektor Transportasi Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2022,” kata Ranto, pada Jumat (23/12).

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati tersebut, jumlah subsidi tarif yang diberikan kepada penumpang yaitu Rp10 ribu dari harga tiket saat ini setelah terjadi kenaikan harga BBM yakni Rp33 ribu.

“Jadi penumpang hanya membayar Rp23 ribu jika ingin berpergian Singkil-Pulau Banyak menggunakan KMP Aceh Hebat 3,” ujarnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis melalui Kabag Prokopim Abdul Rahman menyampaikan, subsidi tiket kapal diberikan sebagai bentuk perhatian Pemkab kepada pengguna transportasi laut dalam masa liburan Nataru.

Sebagaimana Natura tahun-tahun sebelumnya, banyak masyarakat Aceh Singkil, wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung liburan ke Pulau Banyak menggunakan kapal.

Oleh karena itu, dengan adanya subsidi ini diharapkan dapat meringankan biaya transportasi mereka sebagai dampak dari kenaikan tiket KMP Aceh Hebat 3 dari Singkil menuju Pulau Banyak.

Ia menambahkan, subsidi tiket kapal berlangsung selama lebih kurang satu pekan, yakni mulai 23 sampai dengan 31 Desember 2022 mendatang.

Penyerahan tiket secara simbolis dilaksanakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Singkil Faisal yang diterima langsung PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Singkil yang diwakili oleh Manager Usaha dan Tekhnik, Musliandika.

Share

Tinggalkan Balasan