You are currently viewing Cara Jepang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia Jelang Lawan Spanyol

Cara Jepang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia Jelang Lawan Spanyol

Xtrafmsingkil.com – Jepang bisa menjadi wakil kedua Asia yang tampil di babak 16 besar Piala Dunia 2022, asalkan bisa membuat Spanyol tidak berkutik.

Dilansir dari laman CNN, Jepang akan bentrok dengan Spanyol pada laga pemungkas Grup E pada Kamis (1/12) malam waktu Qatar atau Jumat (2/12) dini hari WIB. Jepang wajib menang pada dalam duel ini.

Tim Asia pertama yang lolos ke fase 16 besar adalah Australia. Tim Kanguru menjadi akan menemani Prancis dari Grup D. Berkaca dari sukses Australia, Jepang punya kans cukup besar.

Spanyol memang tampil meyakinkan selama 2022, termasuk di Piala Dunia. Kendati demikian bukan berarti Jepang tak punya kans. Tim asuhan Hajime Moriyasu ini harus berjuang keras.

Pasalnya hanya kemenangan yang otomatis membuat Samurai Biru melaju ke babak 16 besar. Seandainya menang lawan Spanyol, Jepang sangat berpotensi menjadi juara Grup E dengan poin enam.

Hanya saja Spanyol sedang dalam performa stabil dan konsisten. Tim asuhan Luis Enrique ini hanya sekali kalah sepanjang 2022. Kekalahan itu tercipta saat melawan Swiss di UEFA Nations League A.

Dari 26 gol Spanyol sepanjang 2022, mayoritas diawali dari pergerakan di lini tengah. Umpan silang atau crossing tidak menjadi senjata utama La Furia Roja untuk merobek gawang lawan.

Sebaliknya antisipasi umpan silang Spanyol tidak klinis. Dari delapan kebobolan mereka sepanjang 2022, mayoritas lewat umpan silang. Ini bisa dimaksimalkan Jepang.

Jika hasilnya imbang, peluang lolos masih ada. Hanya saja kepastian itu masih bergantung dari hasil duel Kosta Rika versus Jerman. Kalau Kosta Rika menang, Jepang selesai.

Namun bila Jerman yang menang, jumlah selisih gol yang akan menentukan. Saat ini Jerman minus satu gol sedangkan Jepang nol. Artinya Jerman akan melewati Jepang jika menang dengan selisih dua gol.

Kalau duel Jerman dan Kosta Rika berakhir sama kuat, Der Panzer otomatis habis. Begitu pun dengan Kosta Rika, peluangnya lolos sangat kecil karena saat minus enam gol.

Share

Tinggalkan Balasan