You are currently viewing Aviwkila Tanggapi Pro Kontra Musisi Cover soal Perizinan hingga Royalti

Aviwkila Tanggapi Pro Kontra Musisi Cover soal Perizinan hingga Royalti

  • Post author:
  • Post category:Music
  • Post comments:0 Comments

Xtrafmsingkil.com – Pasangan Uki Diqie dan Thana Ajeng yang tergabung dalam grup duo Aviwkila, menanggapi tentang pro kontra kehadiran musisi cover. Belakangan, kemunculan musisi cover dinilai negatif berkaitan dengan masalah izin hingga royalti dengan pencipta lagu.

Dilansir dari laman Okezone, Aviwkila memulai kegiatan cover lagu di YouTube sejak sekira tahun 2017. Pada awalnya, mereka berniat membawakan lagu-lagu populer untuk memudahkan langkah mengenalkan karya sendiri kepada penikmat musik.

Uki dan Thana terbiasa meminta izin kepada musisi yang hendak mereka cover lagunya terlebih dahulu. Kemudian untuk masalah pembagian royalti, mereka menegaskan bahwa hal itu sebenarnya secara otomatis sudah terbagi antara pihak musisi cover dengan pemilik lagu.

“Apabila lagu cover itu di upload di YouTube sebenarnya sudah terjadi pembagian. Selama pencipta lagunya itu sudah terdaftar di publisher,” kata Uki kepada Okezone.

Hal yang sulit apabila lagu yang di-cover belum terdaftar di publisher, karena tidak terbaca di sistem YouTube. Hal itu lah yang bisa menimbulkan masalah, utamanya apabila lagu cover tersebut meledak.

Aviwkila pun blakblakan mengenai pendapatan musisi cover dari hasil pembagian YouTube. Uki menyebut bahwa uang yang didapatkan mereka, hanya sebagian kecil dari yang diterima pencipta lagu.

“Sebenarya penyanyi cover itu dapatnya enggak banyak. Paling penyanyi cover kalau udah diklaim sama publisher, kita hanya terima 7 persen sampai 8 persen dari 100 persen,” ucap ayah dua anak itu.

Melalui fakta-fakta yang dipaparkan itu, pelantun Hei Kamu ini berusaha meluruskan imej negatif musisi cover. Selama ini, musisi cover kerap dianggap ‘mencuri’ karya musisi asli dengan membawakan lagu tanpa izin dan mengambil semua keuntungan.

“Seolah pencipta lagu banyak yang protes, seolah cover lagu adalah maling. Padahal kalau dicek dari arah dalam, secara keuangannya, kita dapatnya lebih sedikit,” kata Uki.

Share

Tinggalkan Balasan