You are currently viewing Walikota Subulussalam Buka Pekan Budaya dan Tradisi Barsela

Walikota Subulussalam Buka Pekan Budaya dan Tradisi Barsela

Subulussalam, Xtrafmsingkil.com – Pekan Budaya dan Tradisi Barat Selata Aceh (Barsela) digelar di Lapangan Sada Kata Kota Subulussalam, Sabtu-Senin 19-21 Maret 2022.

Anggota DPR Aceh komisi VI Hajah Asmidar, sekaligus inisiator kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan itu dilakukan untuk menggali kembali nilai-nilai kebudayaan yang ada.

Politisi Partai Aceh itu menyebut, event Pekan Budaya dan Tradisi tersebut merupakan ajang persiapan menuju Pekan Kebudayaan Aceh Tahun 2023 mendatang.

“Kami berharap program ini dapat berkelanjutan, tidak berhenti pada kegiatan ini saja,” kata Asmidar, yang merupakan Istri dari Tokoh Masyarakat kota Subulussalam H. Sudirman Munthe alias Haji Abadi.

Mewakili Gubernur Aceh, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Jamaluddin mengatakan, akan tetap mendukung kegiatan tersebut dan berharap kegiatan tersebut dapat mendukung pengembangan budaya dan pariwisata di Aceh.

Walikota Subulussalam H Affan Alfian Bintang dalam pidatonya, menceritakan bahwa kota Subulussalam terdapat banyak kerajaan, banyak sungai dan banyak lokasi wisata yang indah dan mempesona serta memiliki seorang ulama besar, budayawan dan sufi yang terkenal hingga ke manca negara yakni Syekh Hamzah Fansuri yang makamnya terletak di Desa Oboh Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam.

“Kota Subulussalam memiliki adat, budaya dan tradisi yang beragam, meski demikian, tidaklah menjadi konflik, namun menjadi kekayaan dan kekuatan bagi kami,” kata Bintang.

Kegiatan pekan budaya dan tradisi ini, kata Bintang, diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan budaya dan tradisi, sehingga tumbuh dan berkembang di kehidupan sosial masyarakat Aceh.

“Serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian Aceh melalui UMKM dan pariwisata Barat Selatan Aceh,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap kegiatan rakor kepala dinas pariwisata se-Aceh yang rencananya akan digelar tahun ini dapat di laksanakan di Kota Subulussalam.

Terdapat 15 stand yang memamerkan kerajinan, kuliner dan tradisi serta produk UKM dari 8 kabupaten kota dalam wilayah Barsela serta beberapa stan pameran tambahan dari kota Subulussalam.

Kegiatan yang di buka oleh Wali kota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang ini diikuti oleh 8 kabupaten dan kota yang ada di wilayah Barsela, yakni tuan rumah Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Jaya dan Siemelue. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan