You are currently viewing Kemenag Aceh Singkil Bekali Penyuluh Agama Dengan Moderasi Beragama dan Wasbang

Kemenag Aceh Singkil Bekali Penyuluh Agama Dengan Moderasi Beragama dan Wasbang

Singkil (XTRAFMSINGKIL.COM) – Sebanyak 80 orang penyuluh agama islam terdiri dari PNS dan Non-PNS mengikuti pembekalan dari Kementarian Agama Aceh Singkil, Selasa 27 Juli 2021.

Pembekalan Penguatan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) sebagai salah satu Program Prioritas Kementerian Agama RI yang di tuangkan melalui program kegiatan seluruh unit kerja di bawah Kementerian Agama.

Selain itu program ini sebagai bagian integral dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Para penyuluh ini mendapatkan  pembinaan bahan materi dari FKUB Aceh Singkil serta dari Kodim 0109/Aceh Singkil.

Pada kesempatan itu Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Singkil  Hendra Sudirman, S.Sos I menjelaskan bahwa Kemenag Aceh Singkil akan terus menggaungkan moderasi beragama ini di Kabupaten Aceh Singkil salah satu upaya tahap awal ini kita mengundang sebanyak 80 lebih penyuluh PNS dan Non-PNS di lingkungan Kemenag Aceh Singkil untuk menerima materi  penguatan Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan penyuluh agama Islam mendapat pengetahuan dan pemahaman tentang moderasi beragama, Islam wasathiyah, dan wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Sementara  Kepala Kemenag Kabupaten Aceh Singkil, H. Saifuddin, SE di sela-sela saat membuka acara pembukaan menuturkan  penyuluh agama Islam ini nanti juga harus dapat melakukan pembinaan dan penyuluhan agama kepada masyarakat dalam rangka penguatan moderasi beragama.

Pengarusutamaan moderasi beragama melalui dakwah sangat penting dalam menjaga keutuhan, kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa negara Indonesia katanya.

Penyuluh agama yang berada di tingkat Kecamatan merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam menyampaikan pesan-pesan agama. Sehingga kerukunan umat beragama dapat terjaga dan ajaran atau aliran bermasalah bisa diatasi sejak dini.

“Moderasi beragama harus dikembangkan dari tingkat paling bawah melalui para penyuluh agama, konsep Islam washatiyah sebagai wujud Islam rahmatan lil’alamin, pencegahan dini potensi kerawanan konflik, serta wawasan kebangsaan dan nasionalisme adalah beberapa yang penting dan InsyaAllah Penyuluh Kemenag Aceh Singkil siap untuk melaksanakan nya” tutup Saifuddin .

Adapun yang menjadi Narasumber oada acara penguatan kebangsaan dan moderasi beragama ini adalah Ketua FKUB Aceh Singkil yaitu Ust. Drs. H. Ramlan serta Dandim 0109/Aceh Singkil, Yudho Widiharto, S.I.P. Acara yang dilaksankan di Aula PLHUT Kemenag Aceh Singkil tersebut berlangsung khidmat dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan. (HAb)

Share

Tinggalkan Balasan