You are currently viewing Minim Bak Sampah Sebabkan Sampah Menumpuk Dipinggiran Jalan di Aceh Singkil

Minim Bak Sampah Sebabkan Sampah Menumpuk Dipinggiran Jalan di Aceh Singkil

Singkil (XTRAFMSINGKIL.COM) – Pj Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Singkil Masdiana menyebut, DLH memiliki 11 unit bak sampah untuk mengangkut sampah di seluruh wilayahnya.

Namun, hal itu dirasa masih kurang dan tidak memadai untuk mengangkut sampah yang ada. Terlebih lagi ketika terdapat beberapa armada yang rusak, alhasil menjadi tidak maksimal dan sampah pun dibeberapa lokasi terjadi penumpukan.

“Bak sampah Kontainer ada sebanyak 11 unit, ketika ada beberapa unit yang rusak perlu perbaikan-perbaikan ,” kata Masdiana, Senin 24 Mei 2021.

Ia berharap, kesadaran dari masyarakat agar tidak asal buang sampah sembarangan. Mengingat hal ini juga dapat menimbulkan penyakit.

Fenomena gunungan sampah terpantau dibeberapa lokasi di Aceh Singkil. Seperti yang terjadi di jalan menuju komplek BRR Pulo Sarok Kecamatan Singkil.

Di kawasan tersebut, tumpukan sampah dan berserak memenuhi kanan-kiri jalan ketika warga melintas.

Perangkat desa setempat, Supaidi mengatakan, sampah yang menumpuk dikawasan itu, sudah berulang kali terjadi. Masyarakat setempat sudah diimbau secara persuasif untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Namun, sambungnya, kurang begitu diindahkan, penumpukan sampah tetap terjadi.

“Bahkan pihak Muspika bersama masyarakat sudah pernah melakukan gotong royong dikawasan itu, namun penumpukan sampah kembali terjadi,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui kawasan itu juga merupakan salah satu lokasi titik Bak sampah Kontainer Dinas Lingkungan Hidup, dan tugas rutin petugas. Daya tampung sampah pada boks tangki juga tidak memadai, karena sampah cepat sekali penuh.

Sementara di wilayah menuju Pasar Harian Lae Butar dan Puskesmas Gunung Meriah, juga sering terjadi penumpukan sampah meski sudah berulang kali dibersihkan baik oleh Muspika maupun Dinas Lingkungan Hidup. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan