You are currently viewing KIP Aceh Singkil: Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan Lima Hari
M Nasir, Ketua KIP Aceh Singkil

KIP Aceh Singkil: Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan Lima Hari

ACEH SINGKIL – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Singkil menyebut jadwal penyerahan syarat dukungan untuk calon perseorangan yang akan maju dalam Pilkada diberikan waktu selama lima hari.

Ketua KIP Aceh Singkil M Nasir mengatakan, persyaratan dukungan untuk calon perseorangan berdasarkan keputusan KIP Aceh No.7/2024 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota tahun 2024.

“Penyerahan syarat dukungan calon perseorangan yang akan maju dalam Pilkada Aceh Singkil dilakukan selama lima hari terhitung sejak tanggal 8 sampai 12 Mei 2024,” ujarnya saat dihubungi, Senin, 6 Mei 2024.

Selain itu bagi kandidat yang maju dari jalur perseorangan atau independen ini, harus menyerahkan syarat dukungan sebanyak 4.064 dukungan masyarakat yang tersebar lebih dari 50% jumlah kecamatan di Aceh Singkil yakni enam kecamatan.

Syarat dukungan itu diserahkan oleh kandidat yang akan maju dalam bentuk formulir B.1 KWK yang dilampiri dengan fotokopi KTP masing-masing warga yang menyatakan dukungannya.

Dukungan calon perseorangan ini nantinya akan diverifikasi administrasi dan faktual guna mengetahui apakah dukungannya memenuhi syarat atau tidak seperti ada tidaknya dukungan dari anggota TNI, Polri atau PNS.

Sementara itu bagi bakal calon perseorangan yang berstatus penyelenggara pemilu, anggota TNI, Polri maupun aparatur sipil negara, harus menyerahkan surat pengunduran diri pada saat penyerahan dukungan.

Share

Tinggalkan Balasan