You are currently viewing Prabowo-Gibran Unggul di Aceh Singkil
Proses penghitungan suara pada Desk Pemilu 2024 bagian pemerintahan Setdakab Aceh Singkil

Prabowo-Gibran Unggul di Aceh Singkil

  • Post author:
  • Post category:Daerah
  • Post comments:0 Comments

ACEH SINGKIL – Hasil penghitungan suara pada Desk Pemilu 2024 Kabupaten Aceh Singkil menyebutkan pasangan Capres dan Cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan suara 48,23 persen atau 36.132 suara.

Desk Pemilu Bagian Pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil, Suhardin mengatakan, hasil itu merupakan data perolehan suara dari narahubung di masing-masing kecamatan.

“Data yang masuk sudah 100 persen dari semua tempat pemungutan suara (TPS) ,” kata Suhardin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 19 Februari 2024.

Sementara pasangan nomor urut satu Anies-Muhaimin di posisi kedua dengan perolehan 34.937 suara atau sebesar 46,63 persen.

Terakhir pasangan Capres dan Cawapres nomor urut tiga yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada pada urutan ke tiga dengan perolehan suara 5,14 persen atau 3.852 suara.

“Jadi data Desk Pemilu ini, merupakan hasil sementara rekapitulasi suara untuk internal pemerintah. Untuk hasil resmi, kita tetap menunggu dari penghitungan suara dari KIP,” katanya.

Suhardin mengatakan tingkat partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilih untuk memilih Presiden cukup tinggi, presentasenya mencapai 88,63 persen.

Sementara itu terkait dengan penghitungan suara untuk DPD mencapai 90 persen, DPR RI 80 persen, DPR provinsi 50 persen dan DPR kabupaten 90 persen.

Lebih jauh Suhardin mengatakan, penghitungan suara untuk DPR kabupaten belum dapat dipublikasi lantaran cukup riskan dan masih dalam tahap kroscek di lapangan.

“Masih dalam penghitungan dan dikroscek,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan jika masih terdapat sejumlah kekurangan pada Desk Pemilu seperti menggunakan google exel, format rekap dan personel yang baru, narahubung setiap kecamatan hanya satu orang serta kualitas foto C1 yang diperoleh terkadang buram.

“Takut terjadi human error yang dikhawatirkan bisa menjadi pemantik ketika nanti terjadi perbedaan perolehan suara di lapangan,” ujarnya.

Menurutnya hasil quick qount yang beredar di lapangan ataupun pada grup whatsapp merupakan data dari masing-masing tim sukses caleg.

“Artinya masyarakat diminta untuk tetap bersabar menunggu hasil penghitungan resmi dari KIP Aceh Singkil,” demikian kata Suhardin.

Share

Tinggalkan Balasan