You are currently viewing Pj Bupati Harapkan Akreditasi RSUD Aceh Singkil Paripurna

Pj Bupati Harapkan Akreditasi RSUD Aceh Singkil Paripurna

  • Post author:
  • Post category:Daerah
  • Post comments:0 Comments

ACEH SINGKIL – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil mendapatkan kunjungan survei dari Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS) dalam rangka penilaian akreditasi.

Survei dari lembaga independen penyelenggara akreditasi rumah sakit di Indonesia tersebut dilakukan, untuk memberikan penilaian kelayakan Rumah Sakit milik Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Azmi mengatakan, untuk mendapat pengakuan atas peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, pihaknya berharap kepada Direktur dan seluruh staf RSUD agar bekerja semaksimal mungkin dalam memenuhi seluruh unsur yang dipersyaratkan.

“Harapannya agar rumah sakit kita ini mendapatkan akreditasi tingkat yang sempurna yaitu tingkat paripurna,” harap Azmi saat memberikan sambutan di Aula RSUD, Selasa 12 September 2023.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Direktur RSUD, Pj Sekda, Asisten III, Ketua DPRK, Perwakilan Dinkes Provinsi Aceh, dan sejumlah kepala SKPK.

Azmi mengatakan melalui penilaian akreditasi RSUD diharapkan bisa berperan sebagai rumah sakit yang bisa membangun budaya mutu dan keselamatan karena sasaran kegiatan pelayanan rumah sakit adalah jiwa manusia.

Selain itu tingkat akreditasi juga menjadi nilai tambah dan kebanggaan bagi masyarakat. Artinya ada pengakuan terhadap mutu pelayanan, dapat dinyatakan telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah.

Sehingga nantinya akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap profesionalisme, keandalan dan kualitas layanan institusi rumah sakit itu sendiri.

Sementara itu, Direktur RSUD Aceh Singkil dr. Mardiana Manik mengungkapkan bahwa akreditasi RSUD terakhir kali dilakukan pada tahun 2018.

Ia mengatakan seharusnya penilaian sudah dilakukan pada tahun 2020, namun karena kondisi pandemi COVID-19 maka dilakukan pada tahun 2023.

Ia berharap kepada seluruh pegawai rumah sakit, baik tenaga kesehatan maupun tenaga manajemen agar tidak terfokus pada satu tujuan saja.

“Saya mengajak semua pegawai RSUD agar tidak hanya mengejar nilai saja, namun jauh lebih penting. Mari kita niatkan dalam hati agar bagaimana terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, maka nilai itu akan otomatis mengikuti,” harapnya.

Diketahui Survei akreditasi rumah sakit dilakukan LAM-KPRS sebagai salah satu lembaga independen penyelenggara akreditasi rumah sakit di Indonesia.

Survey dimulai pada 8 September 2023 yang diawali melalui aplikasi zoom meeting, yang kemudian dilanjutkan kunjungan lapangan pada 12-13 September 2023 ke RSUD Aceh Singkil oleh tim surveior.

Share

Tinggalkan Balasan