You are currently viewing Andika Novriadi, Direktur Darur Rasyid Silatong Wakili Indonesia Pada Jambore Pramuka Dunia di Korsel

Andika Novriadi, Direktur Darur Rasyid Silatong Wakili Indonesia Pada Jambore Pramuka Dunia di Korsel

ACEH SINGKIL – Andika Novriadi Cibro, Direktur Pesantren Darur Rasyid Silatong Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil menjadi peserta Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea Selatan (Korsel).

Andika Novriadi mewakili Indonesia dari Provinsi Aceh sebagai International Servica Team (IST) Devisi Media Centre. Terdapat lebih kurang 50.000 peserta pramuka muda dari 196 negara yang berpartisipasi.

Andika Novriadi akan mengikuti rangkaian jambore dunia mulai 2 sampai 12 Agustus 2023.

“Alhamdulillah, saya berkesempatan mengikuti agenda pramuka dunia sebagai IST,” kata putra kelahiran Aceh Singkil itu ketika dihubungi, Rabu 2 Agustus 2023.

Pada jambore ini, para IST perwakilan negara ditempatkan disejumlah devisi. Dirinya bertugas di devisi Media Center bekerjasama dengan perwakilan negara lain untuk menyajikan konten publikasi.

“Ini menjadi suatu pengalaman berharga bagi saya dan menambah wawasan tentunya,” ungkap Andika.

Andika terpilih mewakili Indonesia atas keterlibatannya dalam pergerakan pramuka pesantren di provinsi ujung barat Indonesia.

Provinsi Aceh mendapat kuota peserta sebanyak 20 orang, 14 orang diantaranya merupakan santri pesantren yang lulus seleksi melalui sejumlah tes kemampuan akademik dan scouting skill di Kwarda Aceh, nantinya akan bergabung dengan peserta dari provinsi lain sebagai perwakilan Indonesia.

“Di jambore ini mayoritas peserta dari Aceh adalah santri pesantren. Saya aktif di kepengurusan satuan komunitas gerakan pramuka pesantren sebagai ketua hingga saya ditunjuk Kwarda Aceh sebagai IST, inilah yang menjembatani saya akhirnya sampai di korea,” imbuhnya.

Melalui pramuka, Ia bertekad akan terus berupaya mengembangkat bakat dan kemampuan bahasa santri di Pesantren Darur Rasyid hingga nantinya mampu meraih pengalaman pada program internasional sebagai perwakilan daerah atau negara.

Share

Tinggalkan Balasan