You are currently viewing Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi ?
Ilustrasi. Tak ada yang tahu pasti kapan terjadinya malam Lailatul Qadar 2023. (REUTERS/AMMAR AWAD)

Kapan Malam Lailatul Qadar Terjadi ?

Xtrafmsingkil.com – Kapan terjadinya malam Lailatul Qadar 2023 tentu menjadi pertanyaan bagi banyak umat Islam. Itu tak heran karena bulan Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir menjelang hari kemenangan.

Ya, malam Lailatul Qadar merupakan salah satu peristiwa istimewa bagi umat Islam di bulan Ramadhan. Seluruh umat Islam yang beriman tentu berharap mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar dipercaya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam ini, Allah menjanjikan banyak sekali ampunan bagi hamba-Nya.

Selain itu, orang yang meraih malam Lailatul Qadar dengan ibadah yang sungguh-sungguh akan dilipatkangandakan pahalanya dan dikaruniai banyak kebaikan.

Dikutip dari NU Online, Lailatul Qadar juga merupakan malam diturunkannya kitab suci Al-Qur’an dari Lauhul Mahfudz ke Baitul ‘Izzah (langit dunia). Terdapat sejumlah ayat dan dalil mengenai peristiwa malam Lailatul Qadar dan keistimewaannya. Salah satunya dalam Al-Qur’an surat Al Qadr ayat 1-5, Allah berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Kapan waktu terjadinya malam Lailatul Qadar sesungguhnya tidak ada yang mengetahuinya secara pasti. Pasalnya, Allah SWT saja memang merahasiakannya.

Namun, terdapat sejumlah dalil serta pendapat ulama yang memaparkan perkiraan terjadinya Lailatul Qadar. Berikut ini sejumlah dalil dan pendapat ulama mengenai perkiraan malam Lailatul Qadar yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Pada tanggal ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadhan

Ulama terkemuka dari mazhab Syafi’i Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Bari menyebutkan ada 45 pendapat soal kapan waktu malam Lailatul Qadar. Namun, menurut Ibnu Hajar, dari 45 pendapat itu, yang paling unggul adalah pendapat yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada tanggal ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Jatuhnya di malam berbeda pada tiap tahunnya. Hal ini seperti yang dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis:

وعن عائشة رضي الله عنها، قالت: كَانَ رسولُ الله – صلى الله عليه وسلم – يُجَاوِرُ في العَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ، ويقول: «تَحَرَّوا لَيْلَةَ القَدْرِ في العَشْرِ الأوَاخِرِ مِنْ رَمَضانَ» متفقٌ عَلَيْهِ.

Artinya:

“Dari Aisyah ra, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: Carilah Lailatul Qadar itu dalam malam sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan (Muttafaq ‘alaih).”

2. Malam ke-23 bulan Ramadhan

Pendapat ini didukung oleh Imam Syafi’i. Dalam satu hadis dijelaskan, salah seorang sahabat Nabi yang bernama Abdullah bin Unais bertanya perihal malam Lailatul Qadar:

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَتَى نَلْتَمِسُ هَذِهِ اللَّيْلَةَ الْمُبَارَكَةَ

Artinya:
“Wahai Rasulullah, kapankah kami bisa memperoleh malam penuh berkah ini?”

Rasulullah menjawab:

الْتَمِسُوهَا هَذِهِ اللَّيْلَةَ وَقَالَ وَذَلِكَ مَسَاءَ لَيْلَةِ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ

Artinya:
“Carilah pada malam ini (malam 23 Ramadhan).”

3. Malam ke-27 bulan Ramadhan

Pendapat yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-27 Ramadhan merupakan pendapat mayoritas ulama. Hal ini seperti hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

“Dari Ubay bin Ka’ab: ‘Demi Allah, sungguh aku mengetahui malam (Lailatul Qadar) tersebut. Puncak ilmuku bahwa malam tersebut adalah malam yang Rasulullah saw memerintahkan kami untuk menegakkan salat padanya, yaitu malam ke-27.” (HR. Muslim)

Masih banyak pendapat lainnya mengenai perkiraan terjadinya malam Lailatul Qadar. Namun, pendapat tersebut tidak menentu berdasarkan banyak riwayat. Setiap riwayatnya ada yang menyebut tanggal 21, 23, 27, dan 29 Ramadhan.
Perkiraan Malam Lailatul Qadar 2023

Dari penjelasan dalil serta pendapat para ulama di atas, tidak ada yang tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar 2023 akan terjadi. Namun, berdasarkan dalil-dalil tersebut juga, apabila disesuaikan dengan kalender tahun 2023, maka malam Lailatul Qadar diperkirakan akan jatuh di salah satu tanggal berikut ini.

Karena itu, hendaknya umat Islam bersungguh-sungguh dalam beribadah dan memohon ampun kepada Allah SWT agar mendapatkan kebaikan serta keberkahan malam Lailatul Qadar:

1. Malam 21 Ramadan 1444 H: 11-12 April 2023
2. Malam 23 Ramadan 1444 H: 13-14 April 2023
3. Malam 25 Ramadan 1444 H: 15-16 April 2023
4. Malam 27 Ramadan 1444 H: 17-18 April 2023
5. Malam 29 Ramadan 1444 H: 19-20 April 2023

Sumber: CNN

Share

Tinggalkan Balasan