You are currently viewing Kasus DBD di Aceh Singkil Meningkat

Kasus DBD di Aceh Singkil Meningkat

  • Post author:
  • Post category:Daerah
  • Post comments:0 Comments

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil mencatat penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) mencapai 54 kasus orang, meningkat dibandingkan tahun lalu.

“Tahun ini kasus DBD meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, dibawah 30 kasus,” kata Lisna Winda, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Senin 12 September 2022.

Menurutnya peningkatan kasus DBD seiring dengan turunnya kasus Covid-19 di Aceh Singkil.

“Tahun lalu banyak yang demam tidak mau berobat ke pukesmas atau rumah sakit takut dikatakan Covid-19,” bebernya.

Berdasarkan data yang dimiliki, warga yang terserang DBD paling banyak ditemukan di wilayah Kecamatan Gunung Meriah dengan 35 kasus.

Kemudian Kecamatan Simpang Kanan 13 kasus dan Singkil 3 kasus. Sementara Singkil Utara, Suro, Singkohor, masing-masing 1 kasus.

“Nihil kasus di Kecamatan Danau Paris, Kuta Baharu, Kuala Baru, Pulau Banyak, dan Pulau Banyak Barat,” ungkapnya.

Fogging saat ini masih menjadi salah satu upaya dari Dinas Kesehatan untuk menekan penyebaran DBD.

Kendati demikian, pihaknya juga berharap warga membiasakan “gerakan pemberantasan sarang nyamuk” (GPSN) dengan gotong royong bersihkan parit untuk memberantas sarang nyamuk.

“Jangan hanya mengharapakan fogging, karna fogging hanya membasmi nyamuk. Sementara jentik-jentiknya masih hidup, setelah tiga hari habis fogging jentik itu akan terbang dan berkembang biak kembali,” terangnya. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan