You are currently viewing My Sunny Maad Ditayangkan di Klik Film, Michaela Pavltov Ungkap Kesulitan Membuatnya
Michaela Pavlatova, animator dan sutradara film asal Ceko bersama film animasi panjang pertamanya. Foto: Klik Film

My Sunny Maad Ditayangkan di Klik Film, Michaela Pavltov Ungkap Kesulitan Membuatnya

  • Post author:
  • Post category:Artis
  • Post comments:0 Comments

Film animasi, My Sunny Maad yang masuk dalam nominasi Gloden Globe 2021 sebagai film terbaik untuk kategori animasi ditayangkan di platform nonton film berbayar, Klik Film. Premier penayangan film di layanan OTT itu dilakukan dengan mengajak media wawancara dengan pembesut film itu, Micahela Pavlátová secara online di Klik Film pada Sabtu sore, 27 Agustus 2022. 

Michaela Pavlátová mengaku My Sunny Maad adalah film animasi panjang pertamanya. Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul Frista yang ditulis Petra Procházková. Naskah filmnya ditulis Ivan Arsenyev dan Yaël Giovanna Lévy. “Saya sudah banyak membuat film animasi pendek kemudian saya menemukan novel yang berkenaan dengan perasaan saya,” kata Michaela. 

Menurut dia, film produksi tiga negara, yakni Ceko, Prancis, dan Slowakia itu membutuhkan tantangan tersendiri bagi perempuan yang terbiasa membuat animasi pendek itu. Selama ini, ia terbiasa menulis cerita pendek untuk film animasi. “Awalnya saya ingin menulis naskah sendiri tapi sulit. Pikiran saya seperti sudah terbuat untuk film pendek. Ketika saya membaca novelnya saya merasa dekat dengan karakter,” kata dia. Ia akhirnya menyerahkan penulisan naskah kepada dua sahabatnya.

Michaela mengungkapkan proses produksi film itu berlangsung selama enam tahun dan dilakukannya secara daring. Ia melakukan casting dengan online bersamaan dengan para aktor dari Afghanistan.

Pavlátová pun memutuskan berfokus untuk menyelesaikan membuat film itu. “Saya memutuskan ketika mengadaptasi buku ke film, lupakan buku asli karena terkadang ada hal yang perlu disimplifikasikan dalam format film,” tulisnya. 

Ia mengungkapkan rasa harunya saat membuat film itu. Para aktor dari Afghanistan datang terlambat. “Para aktor meminta izin datang terlambat karena mereka mengetahui ada bom yang ditempel di mobil dan lainnya. Alasan itu seperti saya ketika minta izin terlambat karena perjalanan macet dan sebagainya. Tapi saya menyadari di Afghanistan jauh lebih berat dari apa yang saya bayangkan,” kata dia. 

Film My Sunny Maad menceritakan Herra, perempuan asal Ceko yang jatuh cinta dengan Nazir, pria dari Afghanistan. Ia tidak tahu apa yang terjadi di kehidupan yang menantinya di Afghanistan pasca-Taliban, atau tentang keluarga yang akan dia ikuti.

Sumber : tempo

Share

Tinggalkan Balasan