You are currently viewing Pj Bupati Aceh Singkil Berinteraksi Dengan Warganya Lewat Radio XtraFM

Pj Bupati Aceh Singkil Berinteraksi Dengan Warganya Lewat Radio XtraFM

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis, berinteraksi langsung dengan warganya melalui Radio XtraFM, Sabtu 20 Agustus 2022.

Radio XtraFM sendiri merupakan stasiun radio milik swasta yang memiliki salah satu program bertajuk Talkshow Ruang Narasi yang dipandu oleh Bro Dafi dan Bro Rahmad.

Marthunis hadir sebagai narasumber dalam program tersebut, bertepatan sebulan menjabat setelah dilantik sebagai pemimpin Aceh Singkil.

Ia menyampaikan berbagai ide dan gagasan yang sudah dan akan dilakukannya dalam membangun negeri batuah, sesuai tema program “Membaca ulang arah pembangunan Aceh Singkil dimasa depan”.

Selama sebulan memimpin, Marthunis menyebut Aceh Singkil minimal memiliki tiga sektor potensial yakni, pariwisata, perikanan dan perkebunan.

“Dimana tiga sektor ini adalah modal awal untuk mulai bergerak dari sisi sumber daya alam (SDA),” sebutnya.

Kendati demikian, dengan SDA yang bagus katanya, jika tidak dibarengi dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Aksi tabur ikan tak luput dari perhatiannya. Dari restocking ikan di Sungai Lae Cinendang buntut maraknya setrum ikan dan tabur ikan di drainase depan pendopo, meski kini paret itu mengering akibat kemarau.

“Yang pasti nabur ikan didrainase tujuannya biar drainase bersih, rumput tidak tumbuh, memakan jentik nyamuk,”

Ia menyebut jika aksi bersih-bersih drainase menjadi efek domino bagi warga untuk turut melakukan hal yang sama.

“Seperti parit di depan kantor camat Gunung Meriah terlihat sudah dikeruk, warga komplek lapangan mariam sipoli juga bergotong royong bersihkan lingkungan,” timpal Bro Dafi.

Pendengar atau warga turut berinteraksi langsung melalui layanan interaksi telepon. Seperti Wanhar Lingga yang menanyakan perihal icon atau barnded yang menjadi ciri khas Aceh Singkil.

Kemudian Atun warga Gosong Telaga yang menanyakan perihal abrasi pantai cemara indah dan wisata mangrove yang kini sepi pengunjung.

Dari social media instagram, @dianasitumorang bertanya mengenai keterbatasan waktu Pj dalam membangun Aceh Singkil. Whatsapp @sumamusi bertanya mengenai pemanfaatan SDM di desa, perbaikan data kemiskinan dan pemanfaat bantuan sosial yang tepat sasaran.

Sebagai lulusan sarjana teknik kelautan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Pasca sarjana (S-2) di Expertise Et Gestion Env Littoral (Univ De Brest – France) dalam bidang teknik manajemen pesisir serta menggeluti ilmu bidang Ekonomi Publik di Andrew Young School of Policy Studies -USA), Marthunis diharapkan akan cocok membangun Aceh Singkil.

Topik kemiskinan, komunitas, pohon anggaran, dana desa, taman mariam sipoli juga tak ketinggalan turut dibahas, dan masih banyak lainnya.

Di akhir talkshow, Pj Bupati Marthunis mendapat challenge dari host. XtraFM bisa didengarkan di radio dengan frekuensi 104.8 FM. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan