You are currently viewing 5 Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Jantung

5 Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Xtrafmsingkil.com – Cara terbaik untuk memperkuat kesehatan jantung Anda adalah dengan berolahraga. Lalu apa saja jenis olahraga terbaik untuk kesehatan jantung?  

Dilansir dari lamannya tempo, Memperkuat jantung dengan olahraga merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jantung dan tubuh Anda.

Faktanya, jika Anda tidak berolahraga, Anda dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang melakukannya.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, atau hanya khawatir tentang kesehatan jantung Anda, Anda perlu melakukan rutinitas olahraga yang teratur. Para ahli merekomendasikan Anda menghabiskan setidaknya 150 menit melakukan olahraga sedang per minggu.

Latihan Terbaik buat Jantung 

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah latihan terbaik untuk memperkuat jantung Anda, meliputi:

1. Berjalan

Salah satu cara agar jantung Anda tetap sehat adalah dengan berjalan. Ya, mungkin tampak agak terlalu mudah. Namun berjalan, terutama jalan cepat, adalah cara yang bagus untuk memperkuat jantung Anda. 

Mengutip dari intermountainhealthcare.org, berjalan cepat akan meningkatkan detak jantung Anda. Lakukan jalan kaki singkat saat istirahat makan siang atau jalan-jalan lebih lama di akhir pekan. 

2. Latihan Angkat Beban

Latihan kekuatan adalah cara lain yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Salah satu latihan kekuatan adalah latihan angkat beban. Latihan beban akan membantu Anda membangun massa otot dan membakar lemak. Baik CDC maupun Asosiasi Jantung Amerika menyarankan Anda melakukan latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu (pada hari-hari yang tidak berurutan).

Meskipun Anda dapat pergi ke gym untuk berlatih dengan beban, beberapa latihan beban yang paling efektif terjadi ketika Anda menggunakan berat badan Anda sendiri. Hal-hal seperti push-up, squat, atau bahkan pull-up semuanya membantu Anda membangun otot dan berkontribusi pada kesehatan tulang dan jantung. 

3. Berenang

Mengikuti kelas aerobik air atau berenang bisa menjadi latihan seluruh tubuh yang tidak hanya akan memperkuat tubuh Anda, tetapi juga jantung Anda. Tidak seperti jenis olahraga lainnya, berenang mudah dilakukan pada persendian Anda dan memungkinkan Anda menggerakkan tubuh tanpa banyak rasa sakit. 

4. Fleksibilitas

Dikutip dari Healthline, meskipun mungkin tidak mempengaruhi kesehatan jantung Anda secara langsung, latihan fleksibilitas dan peregangan dapat berkontribusi banyak pada latihan Anda. Aktivitas seperti yoga, tai chi, dan Pilates tidak hanya akan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan Anda, tetapi juga mengurangi kemungkinan Anda mengalami kram, nyeri sendi, dan nyeri otot saat berolahraga.

Latihan fleksibilitas memudahkan untuk melakukan jenis aktivitas fisik lain yang diperlukan untuk jantung yang sehat. Hal hebat tentang pelatihan fleksibilitas adalah Anda dapat melakukannya kapan saja, di mana saja.  

5. Aerobik

Latihan aerobik, juga dikenal sebagai kardio, dirancang untuk meningkatkan detak jantung dan membuat Anda berkeringat. Aerobik membantu meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah yang baik buat kesehatan jantung. Jika Anda menderita diabetes, mereka juga dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah Anda. Latihan aerobik yakni bersepeda, jogging, mendaki bukit, bermain sepak bola dan lain sebagainya. 

Share

Tinggalkan Balasan