You are currently viewing Jelang Ramadhan, Warga Blok VI Baru Gotong Royong Bersih-bersih Lingkungan

Jelang Ramadhan, Warga Blok VI Baru Gotong Royong Bersih-bersih Lingkungan

Aceh Singkil, Xtrafmsingkil.com – Warga Desa Blok VI Baru, Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, Ahad 27 Maret 2022 pagi membersihkan lingkungan masjid, membersihkan jalan, selokan dan tempat-tempat lainnya menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Kegiatan yang melibatkan kaum laki-laki dan perempuan untuk kebersihkan lingkungan dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Kepala Desa Blok VI Baru, Edi Sujatno mengatakan, gotong royong bersama warga dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, menjalin silaturrahmi dan membangun kebersamaan.  

Desa Blok VI Baru, salah satu desa di Kabupaten Aceh Singkil dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi, terus membudayakan bergotong royong yang lambat laun semakin minim ditemui.

“Tadi kami sudah keliling kampung bersama dengan perangkat desa, melihat antusias yang luar biasa dari masyarakat melaksanakan gotong royong menyambut bulan suci Ramadhan cukup tinggi,” kata Edi.

Jika selama ini sejak pandemi Covid-19 terdapat istilah padat karya, Edi menyebut jika ini bukan bagian dari itu melainkan dirinya ingin membangun kesadaran masing-masing dari warga akan pentingnya gotong royong.

Salah seorang tokoh masyarakat, Edi Widodo menyambut baik gotong royong yang dilakukan guna menciptakan Desa Blok VI Baru yang bersih dan sehat, sehingga dalam menjalani ibadah puasa lebih khusyuk dan nikmat.

Menurutnya budaya gotong royong perlu dilestarikan oleh warga, jangan melulu berharap dengan pemerintah.

“Terlebih saat ini pemerintah sedang menggalakkan program pencegahan Covid-19, jadi penting menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Widodo.

Disamping itu, di Kecamatan Gunung Meriah termasuk wilayah endemi demam berdarah dengue (DBD), stunting dan gangguan lainnya seperti gatal-gatal, batul dan pilek.

Dari pantauan, sebagian warga membersihkan masjid, sebagian lainnya membersihkan rumput dipekarang rumah. Berbagai saluran air atau selokan dibersihkan dan berbagai kegiatan lainnya. (Hab)

Share

Tinggalkan Balasan