Cara Mudah Membuat dan Menggunakan Fitur Google Docs

Jakarta – Xtra mania sudah pernah mendengar tentang Google Docs belum, sih? Apa baru kali ini mendengar istilah itu dan bertanya-tanya sebenarnya bisa digunakan buat apa saja?

Nah, bagi xtra mania yang saat ini sedang berada di bangku sekolah apalagi kuliah, tahu cara dan manfaat dari menggunakan Google Docs ini sangat penting.

Fasilitas yang disediakan oleh perusahaan raksasa Google ini memiliki banyak manfaat, terutama untuk menyelesaikan berbagai urusan yang dalam pengerjaannya perlu untuk dilakukan secara tim. Terutama seperti saat pandemi sekarang ini yang membuat bingung xtra mania yang sedang sekolah dan mendapatkan tugas kelompok. Nggak perlu khawatir lagi karena akan tahu apa saja fungsi dan juga fitur dari Google Docs ini, serta juga bagaimana cara untuk memakainya.

Mengenal Fungsi dan Fitur yang Ada Pada Google Docs

Bagi Anda yang pasti sudah mengenal dan sering memakai Microsoft Word, sebenarnya Google Docs ini fungsi dan cara pakainya tidak jauh berbeda dengan fitur dari Microsoft itu. Perbedaan dari keduanya terletak pada cara pemanfaatannya dan juga fungsi yang diberikan.

Kalau Microsoft Word hanya dapat digunakan dalam satu perangkat saja dan kalau misalnya teman dari Anda ingin mengedit file, harus memindahnya ke perangkat lain dulu, bukan?

Nah, Google Docs ini sifatnya online dan Anda tidak perlu untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Xtra mania cuma perlu untuk membuka akses dari laman file Google Docs yang sudah dibuat dan tinggal membagikan link ke orang lain yang ingin mengaksesnya. Nggak cuma untuk menulis dan mengolah kata saja, tetapi juga Google Docs menyediakan berbagai fitur lain yang dapat mempermudah penyelesaian pekerjaan Anda.

Google Docs ini juga punya fitur yang lainnya, seperti Sheets, Slides, Drawings, hingga Forms. detikers juga dapat membuat powerpoint dengan teman lainnya hanya dengan menggunakan fitur dari Google Slides. Selain itu juga buat para xtra mania yang suka dengan fitur excel, Google Sheets ini sendiri merupakan bentuk online dari Microsoft Excel.

Cara kerja dari berbagai fitur ini sebenarnya sama, hanya perlu menyebarkan link file dan xtra mania bersama teman satu kelompok dapat menyelesaikan pekerjaan bersama dalam waktu yang bersamaan pula. Xtra mania dapat membuat, mengedit, dan mengakses kapanpun dan dimanapun yang anda mau.

Mudahnya Cara Membuat Google Docs

Anda tentu saja sudah memiliki email dengan domain Gmail, bukan? Jika belum, anda perlu untuk membuat email terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan fitur Google Docs. Kalau anda ingin untuk mengakses melalui smartphone, anda dapat mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Playstore atau Appstore.

Kalau menggunakan perangkat laptop atau komputer, anda dapat langsung menuju laman docs.google.com atau juga melalui sebelah pojok kanan atas dari laman pencarian google dan klik pada bagian tersebut yang tertulis Docs dengan logo yang berwarna biru.

Untuk memulai menulis, anda dapat memulai dengan halaman kosong dan menuliskan apa yang perlu untuk dikerjakan. Pada laman Google Docs, anda akan melihat berbagai macam tombol yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Words.

Jika anda ingin untuk mengerjakan pekerjaan bersama dengan orang lain, cukup untuk menekan tombol bagikan yang berada pada bagian pojok kanan atas. Anda dapat mengatur apakah ingin mengundang melalui email atau langsung membuka akses dengan hanya membagikan link saja. Setelah itu, anda tinggal klik selesai dan Google Docs sudah dapat digunakan.

Sangat mudah, bukan? Ayo, segera manfaatkan Google Docs untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sumber : detik.com

Share

Tinggalkan Balasan