FOPPAS DEMO PT. SOCFINDO ACEH SINGKIL

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Beritaxtra. Singkil, Puluhan Masa yang menamakan diri  Forum Pemuda Peduli Aceh Singkil (FOPPAS) mendatangi PT. Socfindo Lae Butar Aceh Singkil Senin 12/1/15 guna menuntut perusahaan tersebut membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda Aceh Singkil , penyaluran CSR, dan menuntut peusahaan mengeluarkan konfensisasi atas pecemaran udara dan lingkungan yang ditimbulkan dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang berada di pemukiman warga.

 

Dalam Aksi Demo yang di Warnai dengan pembakaran Ban bekas di depan pintu masuk Perusahaan tersebut, Herman Koordinator Aksi dalam orasinya mengatakan ujuk rasa yang digelar ini merupakan keprihatinan Foppas terhadap kebijakan perusahaan yang dinilai tidak berpihak kepada Pemuda dan masyarakat di sekitar perusahaan, utamanya dalam hal mendapatkan pekerjaan di perusahaan asal belgia itu, padahal UU tenaga kerja mengamanatkan 60% tenaga kerja merupakan masyarakat lokal.

" UU tenaga kerja mengamatkan 60 % tenaga kerja yang dipekerjakan adalah tenaga lokal, namun kenyataannya  Pemuda di sekitar perusahaan hanya menjadi penonton, untuk itu kami menuntut PT. Socfindo untuk membuka lapangan kerja bagi pemuda-pemuda lokal " Teriak Herman.

Selain menuntut di bukanya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar , masa juga meminta perusahaan untuk mengeluarkan CSRnya  sebagaimana di atur dalam UU.Peseroan terbatas(PT) no. 40 tahun 2007 dan meminta perusahaan mengeluarkan konfensasi atas pencemaran udara dan lingkungan kepada masyarakat Sekitar.

Perwakilan Masa diterima Pihak Perusahaan.

Setelah beroperasi lebih dari 30 dengan pengawalan ketat aparat keamanan akhirnya pihak perusahaan menerima tiga 3 (tiga) orang perwakilan masa untuk berdiskusi di ruang rapat perusahaan bersama perwakilan onggota DPRK Aceh Singkil yang turut hadir. Dalam pertemuan tersebut Perwakilan masa kembali menyampaikan tuntutan mereka didepan Manager PT. Socfindo Lae Butar Erikson Ginting.

Menanggapi Tuntutan Masa Manger PT. Socfindo Lae butar Erikson Ginting berjanji segala tuntutan akan di koordinasikan dengan pihak management perusahaan Socfindo pusat dan para tokoh masyarakat sekitar , sebab pihak perusahaan merasa selama ini telah menjalankan perusahaannya dengan mengikuti segala aturan yang ada termasuk dalam hal penerimaan tenaga kerja, sebagai contoh dalm kurun 3 bulan terakhir ini saja setidaknya ada 30 orang warga sekitar perusahaan yang diterma menjadi karyawan. namun demikian lapangan kerja yang dibuka  di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan .

Sedangkan Mengenai CSR perusahaan mengklaim selama ini telah menyalurkan CRSnya bahkan laporan penyaluran CSR telah disampaikan kepada pemerintah Daerah.

"selama ini kita telah semaksimal mungkin mengikuti peraturan yang ada, baik dalam hal penerimaan tenaga kerja maupun penyaluran CSR, namun demikian tuntutan ini akan kami koordinasikan kepada Managemet perusahaan di pusat" kata Erikson Ginting.

Usai mendengarkan penjelan pihak perusahaan masa membubarkan diri, namun masa measa tidak puas dengan tanggapan perusahaan masa mengancam akan kembali menggelar aksi dengan masa yang lebih banyak lagi.

 

 

 

Facebook

Video