Diduga Tembak Mobil Inspektur Aceh, Oknum TNI Ditangkap

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

BANDA ACEH - Seorang oknum TNI di jajaran Kodam Iskandar Muda (IM) diduga terlibat dalam penembakan mobil dinas Kepala Inspektorat Aceh, Syahrul Badruddin SE di rumahnya, Kompleks PU, Gampong Ajuen, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Rabu, 19 November 2014 sekitar pukul 23.00 WIB. Kini tersangka ditahan di Pomdam IM.

 

Informasi ini awalnya diperoleh dari sumber Serambi yang mengabarkan bahwa tersangka dengan nama panggilan Anto, ditangkap beberapa hari lalu dan ditahan di Pomdam IM. Pangdam IM, Mayjen TNI Agus Kriswanto ketika ditanyai Serambi seusai melantik empat pejabat Kodam IM di Makodam Selasa (6/1) kemarin, membenarkan informasi itu.

“Yang sedang diproses itu satu orang, tapi karena melibatkan oknum TNI, maka saya tak melihat seorang itu saja, melainkan secara menyeluruh, apakah sudah ada yang memanfaatkan institusi TNI untuk kepentingan tertentu atau hanya oknum itu saja,” kata Pangdam.

Didampingi Kasdam IM, Brigjen TNI L Rudy Polandi, Pangdam menegaskan akan menelusuri kasus ini hingga semuanya terungkap. Ia juga mengimbau jangan ada pihak tertentu yang memanfaatkan TNI untuk kepentingan pribadi atau bisnis, baik dalam kasus penembakan mobil itu maupun jika ada kasus lainnya.

“Apa pun kasusnya, jika ada oknum TNI terlibat, akan saya tindak tegas. Saya juga akan membantu pemerintah daerah dan penegak hukum menyelesaikan hal ini,” tegas Pangdam.

Ditanya tentang peran tersangka dari oknum TNI yang sudah ditahan itu Pangdam mengakui belum mengetahui detailnya, namun jenderal bintang dua ini berjanji akan mengungkapnya, apalagi perilaku tersebut telah mengganggu suasana kondusif dan merusak nama baik TNI.

Namun, Pangdam membantah informasi yang sempat berkembang bahwa pelaku itu anggota Badan Intelijen Negara (BIN) dari unsur TNI. “Tetapi yang jelas oknum dari salah satu kesatuan TNI di jajaran Kodam IM,” ujar Pangdam.

Seperti diberitakan Serambi, Jumat, 21 November 2014, mobil dinas Kepala Inspektorat Aceh, Syahrul Badruddin, jenis Avanza BL 177 JA ditembak orang tak dikenal saat diparkir di garasi rumahnya, Kompleks PU, Rabu, 19 November 2014 sekitar pukul 23.00 WIB. Tak ada korban jiwa dalam kasus ini, kecuali satu tembakan mengenai bagian belakang mobil dinas sang Inspektur Aceh itu.

Dua hari sebelumnya, pintu belakang mobil dinasnya tersebut seperti ditusuk pakai obeng besar, sehingga berlubang layaknya bekas tembakan yang posisinya di bawah lubang bekas tembakan pada Rabu, 19 November 2014 malam. Kasus penembakan ini juga ditangani Polresta Banda Aceh, namun sejauh ini Serambi belum memperoleh informasi sudah ada warga sipil yang ditangkap terkait kasus ini. (sal)

Facebook

Video