Singkil - Bupati Aceh Singkil Dulmusrid melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Darur Rasyid di Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan, Rabu (19/2/2020).
 
Pesantren Darur Rasyid dibangun diatas lahan hibah masyarakat seluas 6 hektar dan diprediksikan bakal menjadi pondok pesantren modern terbesar di Provinsi Aceh.
 
Dulmusrid menilai kehadiran pesantren Darur Rasyid bisa menjadi pemersatu umat, bukan malah menjadi pesaing, apalagi pemecah umat. 
 
Ia juga memuji pendiri pesantren Ustadz Rasyid Bancin merupakan putra Aceh Singkil lulusan Mesir yang peduli terhadap pendidikan agama di daerahnya.
 
Dulmusrid menyebut akan menganggarkan dana 500 juta melalui Otsus 2021 untuk bantuan hibah pesantren di Aceh Singkil.
 
Pendiri pesantren, Ustadz Rasyid Bancin mengungkapkan kerinduannya terhadap kampung halamannya Aceh Singkil. Untuk itu Ia ingin mengabdi dengan menyediakan sarana pendidikan agama untuk anak-anak sehingga dapat membentengi diri dari pengaruh negatif.
 
Disebutkannya, lahan seluas 6 hektar itu merupakan wakaf dari Saleh Barus dan Marzuandi.
 
"Ada 11 sertifikat, nantinya BPN dapat membantu menyatukan sertifikat dengan nama Lembaga Darur Rasyid sehingga menjadi milik badan wakaf," ujar Rasyid
 
"Saat ini juga ada Wakaf dari hamba Allah sekitar 45 juta, kemudian besi dan material bangunan lainnya guna pembangunan gedung," tambahnya.
 
Ustadz Rasyid Bancin merupakan putra Aceh Singkil lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Pernah mondok di Pesantren Batu Korong dan Darul Muta'alimin Tanah Merah. Beliau juga sebagai pendiri Pondok Pesantren Modren Darurrahmah Sepadan Kota Subulussalam. (Hab)