Singkil - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Syekh Abdurrauf As-Singkili. Peresmian digelar dihalaman kantor KIP setempat, Jumat (7/2).
 
Ketua KIP Aceh Singkil Edi Sugianto mengatakan Rumah Pintar Pemilu disiapkan untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat akan hadirnya sarana edukasi tentang nilai demokrasi dan kepemiluan serta dapat difungsikan sebagai museum pemilu.
 
Rumah Pintar Pemilu menyediakan materi kepemiluan dan demokrasi sebagai bahan pendidikan pemilih berupa maket atau diorama, panel dinding informasi, booklet, leaflet, flayer, video, film dan lain sebagainya.
 
"Materi dalam bentuk panel dinding informasi dibuat dengan desain menarik, ringkas, dan memuat pokok materi yang lebih rinci dan lengkap yang dituangkan dalam bentuk alat peraga seperti booklet, leaflet dan flayer," ungkap Edi.
 
Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengatakan peresmian Rumah Pintar Pemilu merupakan salah satu usaha KIP Aceh Singkil dalam memberikan pendidikan kepada pemilih.
 
"Pemilih di Aceh Singkil akan semakin tahu tentang pemilu secara nasional maupun tentang pilkada tingkat kabupaten dan tingkat provinsi," ujar Dulmusrid.
 
Pada RPP Syekh Abdurrauf As-Singkili tersedianya layanan data kepemiluan Kabupaten Aceh Singkil dan tersedia informasi tentang sejarah pemilu di Indonesia.
 
"Pemilih cukup kunjungi RPP Syekh Abdurrauf As-Singkili agar lebih memahami tentang kepemiluan," ungkapnya
 
Dulmusrid berharap pemilih di Aceh Singkil kedepan semakin lebih cerdas, aktif dan berdaulat dalam pemilu dan pilkada.
 
Dalam peresmian, KIP Aceh Singkil memberikan penghargaan terhadap Forkopimda dan pemangku kepentingan yang telah mensukseskan pemilu dan pilkada di Aceh Singkil. (Hab)