Singkil - Ide kreatif sejumlah pemuda di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil patut ditiru.
 
Pasalnya mereka mengubah pakaian bekas  menjadi kerajinan pot bunga yang memiliki nilai jual dan menjadikan peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
Sahroni, selaku inisiator mengatakan, munculnya ide kreativitas berawal dari nonton video di yotube. Kemudian diajaknya para pemuda setempat untuk membuka peluang bisnis tersebut.
 
"Terinspirasi dari video di youtube, tertarik mencoba, kemudian dipraktekan dan alhamdulillah berhasil," kata Roni sapaan akrabnya.
 
Proses pembuatan pot bunga ini tak memakan waktu lama. Mulai dari tahap mencetak, pengecatan, pengeringan hingga tahap finishing hanya membutuhkan waktu dua hari.
 
Dengan bermodal patungan, Roni dan kawan-kawan lalu membeli peralatan sederhana, seperti:kuas, sendok semen, amplas dan bahan - bahan lainya.
 
Mereka memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah miliknya sebagai lokasi tempat percetakan dan juga tempat lapak berjualan. Selain itu ia mereka juga menggunakan facebook dan whatsap sebagai media pemasaran.
 
Cukup merogoh kocek 50 - 100 ribu, pembeli sudah dapat memiliki pot bunga dengan bermacam - macam bentuk dan warnanya, dari mulai bentuk pot bunga bakul, kelopak bunga, bunga terong, bulat, petak dan bentuk lainya.
 
Terkini, Roni dan kawan-kawan mengaku sedang ada pesanan pot bunganya sebanyak 20 buah dari pembeli dan akan diselesaikan dalam waktu satu bulan ini.
 
Roni berharap support dari pemerintah sehingga usaha ia dan kawan-kawannya dapat lebih berkembang. (Hab)