Singkil - Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Singki memfasilitasi pembuatan sertifikat tanah gratis bagi masyarakat miskin yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh(APBA)Dinas Pertanahan Provinsi Aceh.
 
Ini merupakan program pemerintah yang bertujuan agar masyarakat miskin dapat memiliki atas hak tanah yang sah, sehingga mengurangi sengketa tanah yang terjadi di masyarakat Aceh Singkil.
 
Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Singkil mulai melakukan pengukuran tanah sertifikat gratis bagi masyarakat kurang mampu di Desa Keras Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (16/10/2019)
 
Kepala Desa Keras Derminton Berutu mengatakan masyarakat Desa Keras hampir 80 persen belum memiliki atas hak tanah yang sah.
 
"Saya mewakili masyarakat Desa Keras sangat terbantu dan mengucapkan ribuan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Aceh Singkil telah memfasilitasi pembuatan sertifikat gratis ini," katanya.
 
Terpisah Kepala Bidang Pengadaan dan Pengurusan Hak Atas Tanah Dinas Pertanahan Aceh Singkil, Subdi, S.Sos.I. diruangan kerjanya mengatakan kepada aparat desa agar dapat membantu Timnya dalam melakukan pengukuran.
 
"Dengan mengajak masyarakat  untuk membuat Patok/Batas tanah, supaya memudahkan petugas juru ukur  untuk melakukan pengukuran tanah tersebut,"
 
Selain itu Subdi juga berharap pengukuran tanah selesai pada akhir Nopember 2019 mendatang. "Sementara untuk pembagian sertifikat tanah yang sudah jadi, akan diupayakan langsung dibagikan oleh Presiden RI Joko Widodo," pungkasnya.(Hab)