Aceh Singkil- Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh Singkil saat ini tengah menggenjot sektor pariwisata dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
Dalam hal ini, pariwisata di Kepulauan Banyak diharapkan menjadi target penyumbang PAD terbesar. Pasalnya setiap tahunnya kunjungan turis mancanegara terus mengalami peningkatan
 
"Setiap tahunnya kedatangan turis mancanegara ke pulau banyak menunjukkan peningkatan," ucap Faisal, Kepala Disparpora Aceh Singkil pada gelaran FGD (Focus Group Discussion) di Offroom Kantor Bupati, Singkil, Jum'at (11/10/2019).
 
Menurutnya sampai saat ini, baru Pantai Cemara Indah Gosong Telaga yang dirasa telah memberikan PAD, meskipun dalam hal ini pengelolaan dilakukan oleh BUMDes setempat.
 
Pemda Aceh Singkil terus berupaya mempromosikan Pulau Banyak sebagai destinasi unggulan. Mulai dari diadakannya berbagai gelaran event nasional hingga internasional dengan mengucurkan dana milyaran rupiah, namun dirasa masih belum memberikan dampak signifikan terhadap PAD.
 
"Sangat disayangkan plot dana sudah habis bermilyar milyar, namun belum dapat menaikkan greet keuangan daerah," Kata Rusid Hidayat, salah seorang peserta FGD.
 
FGD dibuka langsung oleh Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dan hadiri oleh Sekda, sejumlah SKPK, dan tamu undangan lainnya.
 
FGD Grand Desain Pariwisata digelar dengan harapan mampu menggerakan sektor keparawisataan dan bagaimana pengembangannya sehingga menghasilkan PAD untuk kesejahteraan masyarakat Aceh Singkil. (Hab)