Singkil -  Potensi wisata di Aceh Singkil menjadi perhatian Bupati Aceh Singkil Dulmusrid. Dulmusrid ingin ada jurusan pariwisata di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kuala Baru.
 
Hal ini mendapat tanggapan serius dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Aceh yang menaungi SMK.
 
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Asbaruddin menanggapi permintaan Bupati Dulmusrid, dengan merencanakan pada tahun 2020 mendatang sudah dapat membuka jurusan pariwisata pada SMK N Kuala Baru.
 
"Saat ini Plt Gubernur sudah mendisposisi permohonan Bupati Aceh Singkil ke Kepala Disdik Aceh dan Kepala Disdik sudah mendisposisi keinginan Bupati Aceh Singkil ke Cabang Disdik Singkil-Subulussalam yang berada disini," ujar Asbaruddin saat dikonfirmasi Berita Xtra di Ruang kerjanya, Singkil Utara, Rabu (9/10/2019).
 
Asbaruddin mengungkapkan secara teknis pihaknya telah melakukan evaluasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan. Mulai dari tenaga pendidiknya, perizinan jurusan hingga sarana dan prasarana yang mendukung.
 
Cabang Disdik Aceh beberapa saat yang lalu telah melakukan peninjauan ke sekolah tersebut untuk melihat langsung kondisi sekolah saat ini.
 
Selanjutnya Asbaruddin juga ingin, bagaimana para murid SMK ini bisa memiliki skill kepariwisataan pasca selesainya pendidikan di sekolah. Terlebih dengan objek wisata pulau banyak nantinya dapat meningkatkan wisatawan, tentunya akan memudahkan mereka untuk langsung bekerja usai lulus.
 
Asbaruddin kembali menegaskan pada tahun ajaran 2020/2021, per 15 Juli 2020 Disdik Aceh akan menyiapkan satu atau bahkan dua kompetensi yang berhubungan dengan kepariwisataan di SMK N Kuala Baru. (Hab)