Singkil - Penampilan rapai (Perkusi) Aceh akan menghiasi rangkaian ajang Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 7 hingga 13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta.
 
Adalah Tio Dzikri Alfadla pemuda asal Aceh Singkil yang mewakili Disdikbud Aceh memainkan alat musik rapai. Ia merupakan mahasiswa jurusan musik dari Universitas Syaikh Kuala (Unsiyah). Selama jalannya event, Tio akan didampingi oleh HMMS.
 
"Merupakan suatu kebanggaan pemuda Aceh Singkil tampil di Pekan Kebudayaan Nasional 2019," hal ini disampaikan Ahmad Ridha, Humas Himpunan Masyarakat Singkil-Subulussalam (HMSS) melalui sambungan telefon, Selasa (8/10/2019) malam.
 
Ia berharap dengan keikutsertaan Tio di ajang kebudayaan nasional, akan mampu memberi motivasi bagi seluruh generasi muda Aceh Singkil untuk terus mengasah kemampuan agar bisa berkiprah di ajang serupa. 
 
Serta penghargaan Pemda Aceh Singkil terhadap pemudanya yang membawa harum nama daerah pada ajang nasional khususnya dibidang kesenian.
 
"Dukungan Pemda Aceh Singkil dalam melestarikan kesenian rapai sangat diperlukan, SDM Aceh Singkil diharapkan mampu bersaing tidak hanya ajang nasional, tapi juga ajang internasional," harap Ridha.
 
Pekan Kebudayaan Nasional 2019 merupakan ajang yang menampilkan kreatifitas anak muda dari seluruh penjuru tanah air dalam rangka memajukan kebudayaan Indonesia. (Hab)