Singkil - Bupati Aceh Singkil Dulmusrid serukan kepada elemen masyarakat Aceh Singkil agar mengibarkan bendera merah mutih setengah tiang selama tiga hari atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibi.

"Sebagai pahlawan bangsa, seluruh masyarakat Aceh Singkil berduka atas berpulangnya BJ Habibi," kata Dulmusrid kepada Berita Xtra, Kamis (12/9/2019).

"Saya berpesan agar mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda penghormatan," pesan Dulmusrid.

Dulmusrid mengenal sosok BJ Habibi sebagai sosok yang lucu, pintar dan canggih, mampu menciptakan pesawat terbang dan seorang negarawan hebat.

"Orangnya semangat untuk membangun negara dan beliau sosok bangsa yang canggih pokoknya," kenang Dulmusrid.

Seperti diketahui beredar surat Menteri Sekretaris Negara RI yang dikeluarkan pada 11 September 2019 dan ditandatangani langsung oleh Pratikno berisi seruan untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie (Presiden Republik Indonesia ke 3) yang telah wafat pada 11 September 2019 di Jakarta.

Sesuai dengan pasal 12 ayat (4) ayat (5) dan ayat (6) Undang-Undang Republik Indonesia nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan, kepada para pimpinan lembaga negara, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Pimpinan Lembaga non Struktural, Pimpinan Lembaga Pemerintah non Kementrian, Gubernur, Bupati, Wali Kota, Pimpinan BUMN/BUMD serta Kepala Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri beserta jajaran.

Dimohon untuk mengibarkan bendera Negara setengah tiang selama tiga hari berturut-turut terhitung mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan 14 September 2019.

Selanjutnya kepada Gubernur, Bupati dan Walikota, agar menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan bendera Negara setengah tiang.

Dalam kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai hari berkabung nasional. (Hab)