Singkil - Salah satu sumber daya yang sangat melimpah di bumi ini adalah sinar matahari. Setiap hari matahari bersinar sejak pagi sampe sore. Energi sinar matahari yang dipancarkan mampu menghasilkan listrik untuk kebutuhan ummat manusia.

Energi ini sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara. Sebagai energi alternatif baru dan terbarukan ini ternyata bisa digunakan langsung disetiap rumah tangga.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mini bisa dibuat langsung dirumah pribadi dengan biaya yang bervariasi seperti yang terpasang di Kediaman M Nasyirudin di Desa Bukit Harapan, Kec. Gunung Meriah, Kab. Aceh Singkil. Berawal dari coba-coba, Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Statistika ini memulai membuat PLTS mini.

"Komponen yang mahal dari perangkat PLTS mini ini yaitu pada batre, harganya bervariasi tergantung berapa Watt output nya, kalau 500 Watt sekitar 450 - 600 ribuan," kata Nasyir kepada Berita Xtra, Kamis (22/8/2019).

Nasyir menuturkan sebagai antisipasi terjadinya pemadaman listrik dari PLN maupun lokasi yang belum memiliki jaringan listrik PLN juga yang mendasari kenapa ia harus berpikir kreatif bagaimana memasok aliran listrik dari berbagai sumber yang ada, terutama kebutahan listrik yang mengharuskan hidup selama 24 jam tanpa terputus.

"Perangkat yang membutuhkan aliran listrik selama 24 jam non stop antara lain CCTV, modem atau Perangkat Internet, dll," lanjutnya.

Menurutnya kalau untuk mensuplay kebutuhan rumah tangga estimasi 4 Ampere, membutuhkan batre sekitar 10 dan panel surya sekitar 5 keping. "Misal untuk lampu aja cukup dengan budget sekitar 4-5 jutaan,"

Sementara untuk perawatannya sendiri tidaklah rumit. PLTS mini ini bebas perawatan dan punya kinerja tinggi untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan. Panel suryanya dapat bertahan sampai 25 tahun. Batre vrla bisa sampai 5 tahun. "Kecuali pakai batre basah harus kontrol air aki nya," tambahnya.

Nasyir mengungkapkan teknologi ramah lingkungan ini sangat cocok diaplikasikan terutama untuk daerah pedalaman yang belum memiliki aliran listrik dari PLN maupun bagi masyarakat yang ingin membuat backup jaringan listrik dari PLN. (Hab)