Singkil - Apa yang akan anda lakukan ketika anda melakukan perjalanan menggunakan perahu kemudian dibawah sungai terdapat buaya ? Anda akan putar balik atau berfikir seribu kali untuk melanjutkan perjalanan tersebut. Tapi kalau rasa penasaran anda besar dan ingin merasakan sensasi berjalan diatas kandang hewan ganas ini, saatnya anda harus berkunjung ke rawa Singkil.

Jum’at (16/8/2019) saat itu kami berangkat dari pelabuhan hari sudah mulai sore. Target kami sore itu harus dapat melihat buaya dari dekat dan menikmati senja bersama burung bangau. Perahu berjalan menyusuri muara rawa Singkil. Disini kamu dapat melihat buaya mulai dari ukuran kecil sampai yang besar.

Sekitar 15 menit berjalan, kami sudah disambut oleh anak buaya. Perlahan didekati, sayangnya anak buaya tersebut tak bersahabat dengan kami sehingga langsung masuk ke dalam air.

Di perjalanan kami melihat perahu warga hilir mudik. Ada beberapa warga setempat yang menggantungkan hidupnya di muara rawa ini. Warga mengambil lokan, siput dan kerang yang notabennya digunakan sebagai sarang buaya. Untuk mengambilnya nyawa menjadi taruhannya.

Kami kembali melanjutkan perjalanan hingga berhenti disatu titik dimana seekor buaya dengan panjang kurang lebih 1,5 meter nampak sedang berjemur di pinggiran sungai. Sontak kami berusaha agar mengambil video yang bagus dan ingin berlama-lama melihat hewan ganas ini.

Terhitung sore itu, kami menjumpai sekitar 7 ekor buaya baik yang berukuran kecil, sedang hingga yang besar.

Hari mulai senja, kami harus bergegas mengejar target selanjutnya melihat dari dekat keindahan ratusan burung bangau. Masih berada di muara rawa singkil, senja anda tidak lengkap rasanya kalau belum melihat ratusan burung bangau mengepakan sayapnya.

Ada ratusan burung bangau putih yang setiap sorenya hinggap di atas pepohonan nipah di muara rawa singkil ini. Pohon nipah merupakan sarang bagi ratusan burung bangau ini. Pagi sampai siang hari mereka terbang mencari makan dan sore harinya pulang ke sarang.

Pemandangan ini baru didapat di muara rawa singkil saja, untuk menuju lebih jauh lagi ke rawa singkil anda harus meluangkan waktu seharian agar dapat benar-benar menikmati indahnya rawa singkil.

Ada banyak keunikan yang akan anda temui. Ini baru permulaan, Tunggu perjalanan kami selanjutnya ke rawa singkil. Turis dari Luar negeri saja sudah banyak berkunjung, Kamu kapan lagi. Ayo berkunjung ke Rawa Singkil !