Singkil - Pramuka Aceh Singkil berhasil mendaki pegunungan di Kepulauan Banyak Barat, Puncak Tiusa. Bendera merah putih dan pramuka sukses dikibarkan di puncak pegunungan itu. Puncak Tiusa merupakan satu-satunya perbukitan di Desa Haloban, Kepulauan Banyak Barat, Aceh Singkil.

Sebanyak 46 orang peserta yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Aceh Singkil mengikuti kegiatan pendakian dan camping yang digelar mulai 13 Agustus dan berakhir 16 Agustus 2019.

Kak Suhasdi Wijaya, ketua Dewan Kerja Cabang Aceh Singkil mengatakan dalam rangka menyambut hari Pramuka ke 58, Pramuka Aceh Singkil mengadakan upacara, camping dan pendakian Puncak Tiusa di Pegunungan Haloban.

Pendakian membutuhkan waktu kurang lebih empat jam.

Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk mengekspos kepulauan banyak yang begitu indah yang terdapat pegununung. "Bahwa di Kepulauan Banyak ada juga pegunungnya,"

Sementara Kak Rinza Patra Tanjung, Pendamping Pramuka SMA N 1 Pulau Banyak Barat, mengatakan melalui momen HUT Pramuka ke 58, Kegiatan Pramuka baru pertama kali diadakan di Sekolah tersebut.

"Seumur-umur belum pernah diadakan di Pulau kami tercinta ini, kedepan supaya Pramuka di SMA N 1 Pulau Banyak Barat di kenal di tingkat kabupaten aceh singkil,"

Kak Rinza menambahkan walaupun kami di Pulau sebelah barat kami tetap semangat dalam menggerakkan pramuka.

Ia berharap kepada Kwarcab Pramuka dapat memperhatikan Pramuka di Pulau Banyak Barat agar disetiap ada kegiatan pramuka baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun tingkat Nasional dapat diikutsertakan.(Hab)