Singkil - Abrasi di tempat wisata Pantai Cemara Indah (PCI), Gosong Telaga, Aceh Singkil cukup mengkhawatirkan. Perlu ada penanganan cepat untuk mengantisipasi kerusakan akibat abrasi.

"Inilah abrasi yang terjadi dua hari yang lalu, menyebabkan pohon cemara pada tumbang, sepengetahuan saya abrasi ini kurang lebih sudah mencapai sekitar 30 meter dari dulu sampai saat ini, habis nanti pantai ini terkuras oleh abrasi," ujar salah satu pedagang di lokasi wisata PCI, Rafli Chaniago, Rabu (14/8/2019).

Abrasi membuat Pantai Cemara Indah mengalami pengurangan luas daratan. Kondisi ini juga akan berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar.

"Rusaknya kawasan pantai mengurangi pengunjung yang datang, pemasukan pedagang berkurang karena fokus kami yang jualan disini hanya mengharapkan pengunjung, kalau pantai enggak landai, pengunjung pada pulang," papar Chaniago.

Menurutnya, ia mewakili para pedagang meminta kepada Pemerintah agar menanggulangi abrasi dengan membangun tanggul ke laut sebagai pemecah ombak.

"Saat rapat sekitar 2 minggu yang lalu bersama dengan pengelola, pernah diusulkan bekas akar yang melintang akibat abrasi lama, apakah ditarik ke laut atau bagaimana supaya tidak merusak pemandangan, namun sampai saat ini masih belum ditanggapi," imbuh dia.

Rafli Chaniago sangat berharap kepada Pemerintah terkait agar lebih memperhatikan nasib pedagang di PCI.

Sementara salah satu petugas karcis PCI, Iskandar Jaya mengatakan kalau pengelola saat ini terus melakukan upaya pembersihan terhadap batang cemara yang tumbang akibat abrasi.

"Pantainya kan luas, bertahap sedang dilakukan pengumpulan bekas tumbangan batang kayu dan akar-akar kayu, dikumpulkan dan kemudian dibakar nantinya," papar Iskandar.

Salah seorang pengunjung asal Rimo, Hadafi mengungkapkan kekecewaannya karena abrasi menggerus keindahan PCI, terlebih PCI merupakan destinasi wisata yang gemar didatangi masyarakat Aceh Singkil saat hari libur.

"Kecewa pasti, tapi walau bagaimanapun saya akan tetap datang ke PCI, karena saya menyukai pantai,"

Ia berharap ada solusi konkret dari pengelola dan Pemerintah untuk tetap menjaga keindahan Pantai Cemara Indah. (Hab)