Singkil - L.O TNI AL Kodam Iskandar Muda Kolonel Marinir Sumarsono SE menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-105 di lapangan Mariam Sipoli Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, Kamis (08/8/2019).

Upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD Reg ke-105 Tahun 2019 di Kodim 0109/ASING yang mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Kolonel Sumarsono berpesan agar apa yang sudah dibangun oleh TNI, Polri dan Masyarakat setempat agar supaya dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Saya melihat potensi yang ada, diharapkan akan lebih cepat berkembang," ungkapnya.

Ia menilai pelaksanaan TMMD Reg ke-105 di Aceh Singkil terbilang sukses. "Saya sudah 5 kali mendatangi tempat TMMD, ini sementara yang paling bagus, lahannya rata, potensi masyarakat sekeliling cukup bagus," lanjutnya.

Sumarsono berharap kepada Pemda Aceh Singkil agar nantinya jalan tersebut dapat diaspal.

"Mengharapakan kepada Bapak Bupati kiranya agar supaya kedepan lebih cepat dibagun dengan sinergitas, kompak, bekerjasama, gotong royong sehingga hasil perekonomian lebih bagus," pungkas Sumarsono

Anggaran pembiayaan TMMD sendiri terdiri dari anggaran Mabes TNI sebesar Rp 365.500.000, dan dari Pemda Aceh Singkil sebesar Rp 1.000.000.000,.

Sementara Dansatgas TMMD, Letkol Inf. Syaifuddin S.Ag mengatakan pelaksanaan TMMD di Desa Gunung Lagan dan Suka Makmur melibatkan 150 personel Satgas dengan memakan waktu selama 30 hari dengan capaian target pengerjaan 100 Persen, baik sasaran fisik maupun sasaran non fisik.

Program fisik TMMD yang sukses dikerjakan antara lain, pembuatan badan jalan dan pengerasan jalan sepanjang 2580 meter, 2 unit jembatan plat beton, pemasangan 3 unit gorong-gorong dan talud sepanjang 65 meter. Sementara program nonfisik yang dilakukan di antaranya penyuluhan bela negara, narkoba, kesehatan dan pertanian dan lain-lain.

Selain program fisik dan nonfisik, terdapat sasaran tambahan seperti pengobatan massal, pasar murah, donor darah, bantuan mesin penetas telur, bantuan sembako dan SIM keliling serta pembuatan tugu TMMD.

Usai penutupan TMMD, Sumarsono didampingi Bupati Aceh Singkil Dulmusrid menyerahkan bantuan alat pertanian dan bibit dari Dinas Pertanian setempat kepada perwakilan kelompok tani.

Selanjutnya melaksanakan peninjauan ke stand pasar murah, baksos pengobatan gratis, donor darah dan SIM keliling. Kemudian meninjau lokasi hasil TMMD serta peresmian tugu TMMD. (Hab)