Singkil - Jelang hari raya Idul Adha 1440 H, Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Aceh Singkil mulai menyiapkan petugas untuk pemeriksaan hewan kurban.

Seluruh petugas berjumlah 23 orang yang akan ditugaskan di 11 kecamatan untuk memastikan hewan-hewan kurban yang akan disembelih aman dikonsumsi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Aceh Singkil H. Sahbuddin SP, melalui Kabid Peternakan Iswani SP, Selasa (06/8/2019) mengatakan untuk petugas akan dikondisikan di semua kecamatan di Aceh Singkil yang nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan yang akan dikurbankan.

"Tiga hari sebelum hari H, tim kita turunkan tim untuk mengecek hewan kurban disetiap panitia penyembelihan,"kata Iswani.

Iswani mengungkapkan kendala yang dihadapi pihaknya ketika melakukan pemeriksaan hewan kurban ketika masyarakat disitu hari H disitu dibawa hewan kurbannya. "Jadi agak susah mendeteksi kesehatan hewan kurban,"

Ia menghimbau kepada Masyarakat agar secepatnya melapor kepada panitia agar dicek oleh petugas. "Nanti petugas kita datang," lanjutnya. Selain itu pihaknya juga siap untuk mendatangi agen untuk memastikan kesehatan hewan kurban.

Sampai saat ini hewan kurban yang sudah terdata di Dinas Hortikultura dan Peternakan sebanyak 143 ekor dari agen, sementara pribadi sebanyak 23 ekor.(Hab)