Singkil - Tingginya angka perceraian saat ini di Indonesia menjadi perhatian bagi Kementerian Agama Aceh Singkil. Berbagai upaya dilakukan guna menekan angka tersebut. Salah satunya dengan menggelar Bimbingan Perkawinan bagi remaja.

Melalui Seksi Bimas Islam, Bimbingan Perkawinan atau Bimwin diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari remaja dan calon pengantin. Kegiatan digelar di aula kantor Kemenag Aceh Singkil, Rabu (07/8/2019).

Para peserta akan dibekali materi tentang bagimana mempersiapkan keluarga sakinah, membangun hubungan dalam keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga, mempersiapkan generasi berkualitas, menjaga kesehatan reproduksi dan lainya.

"Kami berharap setiap calon pengantin memiliki pengetahuan dan persiapan berkeluarga sehingga bisa membangun keluarga sakinah, membangun pondasi keluarga yang kuat dan terciptanya keluarga yang bahagia lahir dan bathin," kata Hendra Sudirman selaku Kasi Bimas Islam.

Setiap perserta bimbingan akan mendapat apresiasi berupa buku fondasi keluarga sakinah dan sertifikat bimbingan.

"Remaja usia nikah dan calon pengantin yang ingin mengikuti bimbingan pernikahan bisa mendaftar di Kemenag Kabupaten Aceh dan bisa juga di Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan masing-masing," lanjutnya.

Sementara bagi peserta yang baru mendaftar akan dibimbing pada angkatan berikutnya.

Sertifikat Bimwin akan berguna ketika para peserta melakukan pendaftaran hendak nikah ke KUA setempat, maka dengan secara otomatis akan dibebaskan kewajiban SUSCATIN (Kursus Calon Pengantin) mandiri di KUA Kecamatan.(Hab)