Singkil - Berbagai cara dilakukan guna menjaga kelestarian lingkungan alam. Salah satunya dilakukan oleh anak muda dari komunitas motor, pencinta alam dan wisata.

Kegiatan itu bernama Fun Camp. Para pemuda asal Singkil dan Subulussalam ini mendirikan kemah kemudian melakukan aksi pembersihan sampah Pantai Belibis Pulo Sarok Singkil pada Sabtu dan Minggu (3-4 Agustus 2019).

Mereka membersihkan pantai dengan mengumpulkan tumpukan sampah dan membuang ke tempat pembuangan sampah. Kemudian mengajak para pedagang yang membuka kantin di sepanjang pantai Pulo Sarok sadar akan kebersihan dan keasrian lokasi Wisata untuk menjadikan pengunjung betah berlama lama di pantai itu.

Ketua panitia kegiatan Dio Fahmizan menyebutkan kegiatan yang digagas oleh beberapa komunitas sebagai ajang silaturahmi dan mengenal lebih dekat dengan alam.

Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, mengenal alam, dan lebih mengenal potensi wisata pantai yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masayarakat Aceh Singkil.

Rahmat Syahrijal dari Kelompk Sadar Wisata yang menjadi salah satu pemateri menyebutkan kegiatan ini didanai dan digalangkan oleh komunitas dengan swadaya. Dengan harapan pemerintah memberikan perhatiaan kepada beberapa komunitas yang ada di Aceh Singkil.

"Diharapkn dinas terkait memfasilitasi kelompok pencinta lingkungan membuat pamplet permanen tentang kebersihan lingkungan dan penyedian tong sampah. sampah tidak dibakar tidak dibuang sembarangan dan tidak ditimbun tetapi sesuai aturan," Pungkasnya.

Komunitas yang ikut berpartisipasi diantaranya Komunitas Skuter Aceh singkil, Komunitas sepeda motor Viksion, Oyama Sada Kata yaitu Komunitas Motor Yamaha Subulussalam, KOPAS (komunitas pecinta alam), Pokdarwis (kelompok sadar wisata), Pakwofams (kumpulan anak remaja Singkil), Pramuka SMAN Singkil dan komunitas lainnya.(Hab)